Kena Fotofobia, Model ini Tak Bisa Tinggalkan Kamar Tidurnya

Kesehatan mental memang mahal harganya.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 02 November 2018 icon 09:19 WIB
Kena Fotofobia, Model ini Tak Bisa Tinggalkan Kamar Tidurnya

Michelle Hardy. (Instagram/@michiekur)

Seorang model berusia 20 tahun memberanikan diri untuk membagikan kisah perjalanan kesehatan mentalnya demi membantu orang lain. Dia mengaku terperangkap di kamar tidurnya yang gelap sepanjang hari. Setiap hari.

Dia adalah Michelle Hardy. Saat ini, dia sedang mengalami masa terburuk dalam hidupnya hingga tidak dapat melakukan apa-apa.

Setelah pacarnya berselingkuh, dia mulai menderita depresi dan gangguan makan. Dia juga mengalami fotofobia alias ketakutan yang abnormal terhadap cahaya sehingga jadi tidak bisa keluar dari rumah.

Baca Juga: Intip Pesona Chiara Bordi, Miss Italy Pemilik Kaki Prostetik

Meskipun berada dalam kesakitan yang konstan dan terjebak di ruangan gelap, Michelle ingin mendorong wanita muda lain untuk mencintai diri sendiri dan tidak membiarkan harga dirinya diinjak.

''Saya selalu tahu pacar saya adalah penipu sejak saya bertemu dengannya. Tetapi saya selalu memiliki harga diri yang rendah dan tidak memiliki keberanian untuk putus dengannya,'' ungkap dia, seperti yang dikutip dari Unilad.

Michelle Hardy. (Instagram/@michiekur)
Michelle Hardy. (Instagram/@michiekur)

 

Baca Juga: Dianggap Cantik, Cara Delevingne Ternyata Sempat Benci Alisnya

''Saya selalu depresi. Saya memiliki banyak gangguan mental dan kepribadian yang mungkin menyebabkan saya tinggal bersamanya untuk waktu yang lama,'' lanjutnya.

Michelle mengatakan bagian terburuk dari situasinya saat ini adalah dia tidak dapat melakukan apa-apa, kehilangan semua teman, tidak bisa berpesta, pergi ke pantai atau hanya berjalan-jalan, serta terus kesakitan dan mengandalkan obat-obatan selama 24 jam penuh.

Michelle merasa hidupnya seakan sudah tak ada harapan lagi. Namun, dia memilih tidak menyerah dan ingin menggerakkan gadis remaja di luar sana untuk mencintai diri sendiri.

Menurutnya, dia telah melihat banyak orang, terutama gadis-gadis muda, yang tidak mencintai diri sendiri. Parahnya, banyak juga yang malah bergantung pada anak laki-laki yang menyakiti mereka.

''Anak-anak perempuan perlu belajar untuk menerima diri mereka sendiri dan tidak membiarkan siapa pun mengatakan bahwa mereka tidak cantik atau melukai mereka dengan cara apapun, terutama dalam hubungan yang kasar. Minta bantuan sebelum terlambat,'' ungkapnya.

Michelle Hardy. (Instagram/@michiekur)
Michelle Hardy. (Instagram/@michiekur)


Meskipun Michelle tidak melihat banyak harapan untuk diri sendiri, dia beruntung memiliki keluarga yang sangat mendukung dan telaten merawatnya.

Dia memutuskan untuk tetap tinggal di rumah dengan orang tuanya. Tinggal di lingkungan asing hanya akan terus membuatnya tidak nyaman. Dia juga harus menemui banyak dokter setiap hari.

Masalah kesehatan mental yang dialami Michelle juga memaksa dia untuk berhenti menjadi model. Dia mesti bergantung kepada sang orang tua hingga kondisinya menjadi lebih stabil.

Baca Juga: Inspiratif, Begini Curhat Ramzan Miah Berjuang di Dunia Fashion

Itulah kisah seorang model yang kena fotofobia sehingga terperangkap di kamar tidurnya yang gelap sepanjang hari. Satu pesan Michelle yang harus kita ingat : mari belajar mencintai diri sendiri.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI