7 Tanda Kamu Harus Mengubah Pola Makan Segera

You are what you eat!

By: Tinwarotul Fatonah icon Rabu, 07 November 2018 icon 18:03 WIB
7 Tanda Kamu Harus Mengubah Pola Makan Segera

Makan buah semangka. (Unsplash/Caju Gomes)

Setiap orang pasti tahu bahwa makanan yang kita konsumsi memiliki banyak efek pada tubuh. Makanan sehat memiliki dampak positif sedang makanan tidak sehat memiliki dampak negatif.

Perlu adanya keseimbangan untuk mempertahankan tubuh yang bugar dan sehat secara keseluruhan. Namun jika keseimbangan tersebut terganggu, jangan khawatir, tubuh bisa memberi sinyal.

Dilansir dari All Women Stalk, berikut adalah 7 tanda bahwa kamu perlu mengubah pola makan. Mulai sekarang!

Baca Juga: Pola Makan Sehat ala Meghan Markle

1. Tampilan kulit memburuk

Tidak semua masalah kulit tercipta karena faktor genetik dan stres, kadang makanan bisa jadi penyebabnya. Ia dapat berdampak pada keseluruhan sistem kesehatan tubuh. Hal-hal seperti kulit yang radang atau berjerawat kadang-kadang dapat disebabkan oleh ketidakseimbangan bakteri dalam usus.

Suka makanan manis. (Unsplash/Court Prather)
Suka makanan manis. (Unsplash/Court Prather)

2. Tidak berenergi

Baca Juga: Jangan Diet Sembarangan, Bahaya bagi Kesehatan Jantung

Mungkin kamu berpikir kehabisan energi karena telah bekerja atau main seharian, tapi pola makan dipastikan ikut memainkan peran. Kamu perlu mengonsumsi makanan yang mengandung banyak zat besi dan B12, karena ini adalah dua nutrisi utama yang dapat melawan hal-hal seperti lesu dan kelelahan.

3. Penumpukan lemak

Saatnya menyesuaikan pola makan jika kamu mulai melihat penumpukan lemak di sekitar bagian tengah atau perut. Ini adalah jenis penumpukan lemak yang paling mengkhawatirkan. Karena lemak di sekitar bagian tengah yang nantinya dapat menyebabkan penyakit seperti diabetes.

4. Perut bermasalah

Kalau kamu sering mengalami sembelit, atau gejala diare maka itu bisa menjadi pertanda bahwa pola makanmu selama ini tidak cocok untuk jalannya sistem pencernaan yang sehat. Ini adalah indikator bahwa perut tidak senang, jadi dengarkan tubuh dan buat perubahan!

Makan pizza. (Pixabay/StockSnap)
Makan pizza. (Pixabay/StockSnap)

5. Gelisah

Tahukah kamu bahwa kecemasan sebenarnya dapat disebabkan oleh pola makan yang tidak seimbang? Untuk itu disarankan tetap menggunakan cara makan Mediterania, produk segar yang bagus dan banyak asam lemak omega 3.

6. Imunitas menurun

Baca Juga: Sukses Turunkan Berat Badan sampai 76 Kg, Ini Rahasia Lisa Riley

Apakah kamu lebih sering sakit dibanding teman-temanmu? Ini mungkin karena pola makanmu tidak mengandung semua nutrisi dan vitamin yang diperlukan tubuh untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat. Kamu perlu memastikan tubuh sudah tercukupi dengan zinc, folat, B6, zat besi, selenium dan vitamin kompleks lainnya.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI