5 Langkah Sederhana untuk Mengurangi Pemakaian Plastik

Jangan ngaku cinta bumi kalau belum melakukan hal ini.

By: Tinwarotul Fatonah icon Rabu, 14 November 2018 icon 14:46 WIB
5 Langkah Sederhana untuk Mengurangi Pemakaian Plastik

Plastik. (Unsplash/Louis Hansel)

Seperti yang kita tahu, barang-barang yang terbuat dari plastik memerlukan waktu sangat lama untuk terurai. Padahal, keberadaannya bakal merusak lingkungan. Pertanyaanya, sudahkah kamu mengurangi pemakaian plastik?

Karena perubahan kecil dalam kehidupan sehari-hari nyatanya bisa mengurangi jumlah sampah plastik. Yuk mulai 5 langkah sederhana ini untuk mengurangi pemakaian plastik.

1. Bawa kantong belanja

Baca Juga: Lebih dari 250 Brand Berjanji Mengurangi Sampah Plastik

Kini sudah banyak negara yang sadar dan melarang penduduknya menggunakan kantong plastik di pusat perbelanjaan. Di Bali sendiri sudah melarang penggunaan kantong plastik di toko dan supermarket, lho. Jadi jangan mau kalah, mulai sekarang selalu bawa kanton kain (tote bag) untuk wadah belanjaan dan tolak jika ditawari kantong plastik.

Botol air minum. (Unsplash/Shrey Gupta)
Botol air minum. (Unsplash/Shrey Gupta)

2. Bawa botol minum sendiri

Bagi yang hobi membeli air kemasan, perlu kamu ketahui kalau botol plastik yang digunakan memiliki lapisan plastik yang sulit didaur ulang. Jadi ketimbang boros dan menimbun sampah, cobalah untuk membawa botol atau tumbler sendiri yang dapat digunakan kembali.

3. Tukar sedotan plastik

Biasanya saat makan di restoran maupun warung pinggir jalan, kita akan diberikan sedotan plastik. Bayangkan jika satu orang makan tiga kali sehari dan menggunakan sedotan plastik. Berapa banyak sedotan plastik yang berakhir di TPA, dan laut?

Maka dari itu, ada alternatif lain yang bisa kamu lakukan, yakni menggantinya dengan sedotan yang terbuat dari bambu maupun stainless. Selain bisa digunakan berulang-ulang, sedotan ini sudah banyak dijual di pasaran.

Plastik. (Unsplash/Danielle)
Plastik. (Unsplash/Danielle)

4. Jangan buang sampah sembarangan

Ini merupakan hal klasik yang mungkin masih sering diabaikan. Ganti mindset bahwa ada petugas kebersihan sehingga kita bebas membuang sampah di mana saja. Mulai sekarang selalu buang sampah di tempatnya. Atau kalau tidak menemukan tempat sampah, simpan dulu di tas baru buang ketika sudah menemukan tong sampah.

Jadi sudah tahu kan apa yang harus dilakukan untuk mulai mengurangi pemakaian plastik?

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI