Ini 5 Cara Mengeluarkan Rasa Marah yang Baik dan Benar

Jangan dipendam, nanti jadi dendam.

By: Tinwarotul Fatonah icon Kamis, 29 November 2018 icon 11:47 WIB
Ini 5 Cara Mengeluarkan Rasa Marah yang Baik dan Benar

Marah. (Unsplash/Gabriel Matula)

Perasaan marah memang termasuk di dalam kategori emosi negatif. Biar nggak salah, ada beberapa cara mengeluarkan rasa marah yang baik dan benar.

Untuk sebagian orang memang memilih untuk memendam rasa marah rapat-rapat, namun lainnya sering tidak terkontrol ketika meluapkan rasa marah. Mengeluarkan rasa marah hingga tak terkendali, bukan sesuatu yang baik untuk dilakukan.

Itu juga bisa melukai perasaan orang lain. Jadi, itu salah satu alasan mengapa menahan rasa marah sebisa mungkin agar nggak melakukan kecerobohan yang nggak diinginkan.

Padahal faktanya, sebuah penelitian menemukan bahwa menahan rasa marah meningkatkan risiko kematian dini. Duh, serem kan? Memang menahan rasa marah dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Sedangkan di sisi lain, mengungkapkannya bisa mendapatkan penilaian buruk.

Tapi tenang saja Girls, ada 5 cara mengeluarkan rasa marah yang baik dan benar agar emosimu tersalurkan dengan baik, kesehatan tubuh dan mental juga baik-baik saja. Penasaran bagaimana caranya? Simak di bawah ini, yuk!

1. Meminta waktu untuk sendiri saat marah

Jika berasa dalam situasi marah pada seseorang yang sedang berada di depanmu atau pada orang yang sedang menjadi lawan bicara di telepon, disarankan untuk meminta waktus sendiri sejenak.

Ini kamu butuhkan untuk meredam rasa marah dan menenangkan diri. Kamu bisa menyampaikan perasaan tak suka dengan kalimat yang lebih baik dan tak menyinggung lawan bicara.

Ilustrasi sendirian. (Pixabay)
Ilustrasi sendirian. (Pixabay)

2. Menuliskan perasaan

Ketika kamu merasa bingung untuk mengeluarkan rasa marah, bisa kamu lampiaskan di dalam buku harian. Tulis apa yang kamu rasakan di dalam buku itu.

Mulai dari siapa yang membuatmu marah, hal yang menimbulkan perasaan marah, dan bagaimana perasaanmu sendiri. Cara ini bisa sangat membantu untuk menenangkan pikiran dan hatimu yang sedang emosi.

Ini juga cara paling aman tanpa menimbulkan kecerobohan atau melukai orang lain. Selain itu, kamu meyadari jika perasaan marah itu ada dan nyata.

3. Berolahraga

Salah satu cara yang disarankan ketika merasa marah adalah melakukan olahraga. Apapun jenisnya, olahraga dapat membantu mengeluarkan energi berlebihan yang kamu rasa di dalam dirimu.

Selain itu, aktivitas ini dapat mendorong tubuh untuk mengeluarkan hormon endorphin yaitu hormon yang dapat mengubah perasaanmu menjadi lebih baik.

Ilustrasi olahraga pakai makeup. (Unsplash/Bruce Mars)
Ilustrasi olahraga. (Unsplash/Bruce Mars)

4. Mencoba teknik pernapasan sederhana

Sadarkah kamu jika sedang merasa marah, pernapasan jadi tak beraturan? Mulai sekarang cobalah melakukan teknik pernapasan sederhana yang bisa mengekspresikan emosi dengan cara yang baik dan membuatmu menjadi lebih cepat tenang.

Mulai dari ambil nafas secara mendalam, tahan selama tiga detik, lalu hembuskan secara perlahan. Disarankan untuk melakukan teknik ini sebanyak 30 kali berturut-turut ketika sedang marah.

5. Jalan-jalan

Salah satu cara mengeluarkan rasa marah yang baik dan benar adalah dengan jalan-jalan sejenak mencari udara segar. Jika sedang merasa marah dengan seseorang atau suasana di dalam ruangan, cobalah menghindar dan tinggalkan ruangan tersebut.

Jalan-jalan sejenak mencari udara segar minimal 20 menit untuk menenangkan diri dan kembali setelah merasa lebih baik.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI