Biar Tak Menyakiti Telinga, Begini Cara Terbaik Pakai Earphone

Jangan cuma asal pasang.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 07 Desember 2018 icon 10:20 WIB
Biar Tak Menyakiti Telinga, Begini Cara Terbaik Pakai Earphone

Menggunakan earphone untuk mendengarkan musik. (Unsplash/Daria Litvinova)

Earphone sudah jadi andalan banyak orang saat mendengarkan musik atau saat mengangkat telepon. Sayangnya jika dipakai sembarangan, penggunaan earphone rupanya bisa menyakiti telinga.

Lalu, bagaimana cara pakai earphone yang aman?

Mendengarkan musik memang bisa meningkatkan konsentrasi kerja bagi sebagian orang. Namun, jika tidak hati-hati, bisa berdampak buruk terhadap ketajaman pendengaran.

Baca Juga: Musik Bikin Lebih Produktif, Nggak Percaya?

Seperti dilansir Suara.com dengan Hello Sehat, sebuah penelitian di Amerika Serikat mengungkapkan sebanyak 51% persen remaja SMA mengalami penurunan pendengaran akibat paparan suara musik yang terlalu kencang. Penelitian serupa yang dilakukan WHO juga menemukan hal sama.

Sebanyak 43 juta penduduk dari usia 12-35 tahun mengalami penurunan pendengaran. Mirisnya, sekitar 50% di antaranya disebabkan penggunaan earphone dengan volume suara terlalu kencang.

Ilustrasi earphone. (Unsplash/Daniel Fontenele)
Ilustrasi earphone. (Unsplash/Daniel Fontenele)

Risiko penurunan pendengaran akibat mendengarkan musik lewat earphone bakal meningkat jika berada di tempat bising. Begitu juga jika menggunakan saat melakukan aktivitas berat, seperti olahraga.

Baca Juga: Menarik! Ini 5 Manfaat Mendengarkan Musik

Kebiasaan cara pakai earphone yang salah juga dapat menimbulkan rasa tidak nyaman pada telinga, seperti rasa nyeri serta telinga berdenging.

Jika terus-terusan dipaksa mendengar suara kencang, sel-sel sensorik di dalam telinga bakal kelelahan. Jika berlangsung secara terus-terusan, bahkan bisa menyebabkan kerusakan secara permanen.

Perempuan menggunakan earphone. (Unsplash/Alphacolor 13)
Perempuan menggunakan earphone. (Unsplash/Alphacolor 13)

Ada satu hal lagi yang perlu diwaspadai. Kebiasaan meminjamkan earphone kepada orang lain juga dapat meningkatkan risiko pertumbuhan bakteri. Ancaman yang mengintai adalah infeksi telinga otitis eskterna.

Infeksi telinga ini bisa menyebabkan telinga selalu terasa nyeri dan mengeluarkan cairan berbau. Segera periksa ke dokter THT terdekat jika kamu mengalami gangguan kesehatan telinga.

 

Artikel ini sudah dipublikasikan di Suara.com dengan judul Ada Cara Gunakan Earphone yang Benar Agar Tidak Menyakiti Telinga

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI