Nggak Sulit Kok, Ini 5 Cara Mudah Lakukan Detox

Mulai hidup sehat dari sekarang, yuk!

By: Tinwarotul Fatonah icon Senin, 10 Desember 2018 icon 14:33 WIB
Nggak Sulit Kok, Ini 5 Cara Mudah Lakukan Detox

Ilustrasi olahraga. (Unsplash/Bruce Mars)

Detoksifikasi atau dikenal dengan detox merupakan pembuangan racun-racun dari dalam tubuh. Banyak orang yang membayangkan jika melakukan detox itu sulit. Tenang, ada beberapa cara mudah lakukan detox kok.

Segala macam makanan dan minuman yang kita konsumsi, penting untuk melakukan detoksifikasi secara rutin. Ini berguna agar racun tidak mengendap di dalam tubuh dan bisa dikeluarkan.

Tentunya detoks bisa membantu tubuh supaya menjadi lebih sehat, lho. Penasaran dengan cara mudah lakukan detox? Cek di bawah ini, ya.

1. Lakukan eksfoliasi tubuh

Kamu bisa gunakan teknik skin brushing atau menyikat tubuh dengan gerakan memutar menggunakan sikat khusus. Ini akan membantu sirkulasi tubuh menjadi lebih lancar. Racun bisa terbuang dan kulit juga terlihat lebih cerah.

Ilustrasi mandi. (Unsplash)
Ilustrasi mandi. (Unsplash)

2. Konsumsi makanan organik

Dalam proses pembuangan racun dan segala zat tak berguna di dalam tubuh, ada baiknya untuk mengonsumsi makanan organik yang jauh lebih sehat. Kamu bisa memulai dengan berbagai macam sayuran, buah, dan kacang-kacangan yang bisa memberikan nutrisi untuk tubuh.

3. Olahraga secara teratur

Cara lain untuk melakukan detoksifikasi adalah dengan mengeluarkan keringat. Jadi, penting untuk melakukan olahraga secara rutin. Nggak hanya berguna membuang racun, olahraga juga akan membuat tubuhmu lebih sehat.

4. Perbanyak minum air putih

Ilustrasi minum air putih / pixabay.com
Ilustrasi minum air putih. (Pixabay)

Air putih memang dikenal ampuh menjaga kesehatan tubuh. Dengan memperbanyak minum air putih, segala racun yang ada di dalam tubuh akan terbuang. Kamu juga bisa tambahkan irisan lemon dan daun mint agar air putih terasa lebih segar.

5. Kurangi asupan gula

Cara mudah lakukan detox selanjutnya adalah dengan cara mengurangi asupan gula. Makanan dan minuman manis memang sangat menggiurkan untuk dikonsumsi. Tapi, terlalu banyak mengonsumsi gula juga tak baik untuk kesehatan.

Batasan aman mengonsumsi gula adalah 50 gram per hari. Itu setara dengan lima sendok teh gula.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI