Wajib Coba, 7 Makanan Terbaik saat Demam

Dijamin cepat sembuh.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 11 Desember 2018 icon 18:50 WIB
Wajib Coba, 7 Makanan Terbaik saat Demam

Ilustrasi sakit. (Pexels)

Saat cuaca tak menentu, terkadang demam melanda tubuh. Biasanya saat terkena demam, nafsu makan pun ikut turun. Padahal, tubuh memerlukan asupan nutrisi agar segera sembuh.

Karena itu, penting untuk mengonsumsi makanan yang tepat. Dilansir dari Boldsky, makanan-makanan ini akan membantu mengobati demam dan meredakan gejala-gejalanya. Apa saja? Yuk, baca terus!

1. Sup ayam

Baca Juga: Misterius, Wanita ini Selalu Dikirimi Sup oleh Orang Asing

Sup ayam dikemas dengan vitamin, mineral, protein dan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah besar ketika kamu sakit. Ini juga merupakan sumber cairan yang baik yang akan membantu menjaga tubuh Anda terhidrasi. Selain itu, sup ayam adalah dekongestan alami yang telah terbukti efektif dalam membersihkan lendir hidung.

Sup ayam. (Unsplash/Henrique Felix)
Sup ayam. (Unsplash/Henrique Felix)

2. Air kelapa

Kaya akan elektrolit dan glukosa, air kelapa adalah minuman wajib di kala demam melanda. Selain itu, kehadiran kalium dalam air kelapa membantu mengembalikan energi tubuh yang lemas.

Baca Juga: Selalu Bingung Mau Makan Apa? Ternyata Ini Alasannya

3. Alpukat

Alpukat mengandung lemak sehat seperti asam oleat yang membantu menurunkan peradangan dan juga memainkan peran besar dalam fungsi kekebalan tubuh.

Ilustrasi buah alpukat. (Pexels)
Ilustrasi buah alpukat. (Pexels)

4. Cabai

Cabai mengandung capsaicin yang merupakan pengobatan efektif untuk demam virus dan flu. Sebuah studi menemukan bahwa kapsul capsaicin menurunkan gejala batuk kronis pada orang yang membuat mereka kurang sensitif terhadap iritasi.

5. Buah sitrus

Buah sitrus seperti lemon, jeruk dan grapefruit memiliki flavonoid dan vitamin C dalam jumlah yang lebih besar. Mengonsumsi buah sitrus akan mengurangi peradangan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Ilustrasi jeruk nipis. (Pixabay)
Ilustrasi jeruk nipis. (Pixabay)

6. Pisang

Ketika sakit, lidah akan terasa hambar. Makan pisang bermanfaat karena mudah dikunyah, ditelan dan manis. Mereka juga kaya vitamin dan mineral seperti kalium, mangan, magnesium, vitamin C, dan vitamin B6.

7. Bawang putih

Jangan anggap remeh bahan dapur ini, ia punya sifat antibakteri dan antijamur. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi bawang putih jarang sekali sakit dan mereka juga menjadi lebih baik dalam 3,5 hari.

Baca Juga: Bagus untuk Kulit, Konsumsi 6 Makanan Kaya Kolagen Ini

Itulah beberapa makanan yang baik dikonsumsi saat demam. Semoga sehat selalu.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI