Ini 4 Tips Mengatasi Masalah Susah Tidur

Karena jika kurang jam tidur, itu akan membahayakan kesehatan tubuh juga.

By: Tinwarotul Fatonah icon Rabu, 12 Desember 2018 icon 11:18 WIB
Ini 4 Tips Mengatasi Masalah Susah Tidur

Ilustrasi tidur. (Unsplash/Kinga)

Di usia dewasa kita dianjurkan untuk tidur sekitar 7-8 jam per hari. Ini demi menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Namun, sering kali mengalami gangguan yang mengakibatkan susah tidur. Tenang saja, ada beberapa tips untuk mengatasi masalah susah tidur.

Memang beberapa orang merasakan kesulitan tidur. Jangankan sampai tidur 6-7 jam, hanya ingin memejamkan mata sejenak saja rasanya susah.

Tak hanya itu, Rasa kantuk juga jarang datang menghampiri tak peduli malam sudah selarut apa atau tubuh sudah selelah apa. Kondisi seperti ini bisa terjadi karena gaya hidup atau kebiasaan yang tidak sehat.

Coba terapkan tips di bawah ini agar bisa mengatasi masalah susah tidur.

1. Jauhkan gadget sebelum tidur

Tahukah kamu bahwa setiap melihat layar gadget, otak akan kembali aktif dan cahaya biru dari layar akan membuat kita tetap terjaga.

Disarankan jauhkan gadget dan lebih baik membaca buku sebagai pengantar tidurmu.

Dibayar untuk tidur. (Unsplash/Zohre Nemati)
Tidur. (Unsplash/Zohre Nemati)

2. Banyak gerak

Membuat tubuh banyak gerak seperti melakukan olahraga ringan, jogging, atau workout di gym akan memberikan efek positif. Sirkulasi darah tetap lancar, membuat pikiran tenang, dan tidur pun lebih nyenyak.

3. Jangan konsumsi kafein terlalu malam

Kafein bisa mempengaruhi jam tidur karena bisa memicu adrenalin dan membuat terjaga selama kurang lebih empat jam setelah mengonsumsinya.

Disarankan untuk tidak mengonsumsi kafein minimal enam jam sebelum jam tidur. Kamu bisa meminumnya di pagi atau siang hari.

Tidur menyamping. (Unsplash/Gerry Pappas)
Tidur menyamping. (Unsplash/Gerry Pappas)

4. Kamar yang nyaman untuk tidur

Salah satu tips untuk mengatasi masalah susah tidur adalah kamu harus membangun suasana kamar yang nyaman untuk tidur. Jika kamu membuat kamar menjadi nyaman, ini akan bisa menunjang kualitas tidurmu.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI