Deretan Diet Terpopuler 2018, Kamu Sudah Coba yang Mana?

Metode diet memang sangat beragam.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Sabtu, 15 Desember 2018 icon 15:26 WIB
Deretan Diet Terpopuler 2018, Kamu Sudah Coba yang Mana?

Ilustrasi program diet. (Pixabay/stevepb)

Diet hampir tidak pernah absen dalam deretan resolusi bagi banyak perempuan setiap mengawali tahun yang baru. Program diet seperti jadi bagian gaya hidup, meskipun tidak selamanya berhasil. Nah, tahukah kamu apa saja metode diet terpopuler di tahun 2018 ini?

Keinginan untuk mempunyai tubuh ideal memang sering datang dan pergi. Terkadang, banyak yang beralasan bingung paling cocok pakai metode apa. Ada juga yang mantap memilih metode diet terpopuler karena yakin akan tingkat keberhasilannya.

Dilansir dari HiMedik.com, berikut adalah deretan diet terpopuler sepanjang tahun 2018.

Baca Juga: 3 Manfaat Memaafkan, Bisa Bikin Dietmu Lancar Juga

1. Diet Mediteranian

Diet ini menerapkan pola makan berbagai negara di sepanjang perbatasan laut Mediterania. Sebagian besar kalori berasal dari konsumsi lemak sehat yang bersumber dari kacang-kacangan, biji-bijian, buah, dan sayuran.

Diet mediteranian disebut tidak hanya efektif menurunkan berat badan, melainkan juga baik untuk kesehatan jantung dan otak.

Baca Juga: Tips Bugar ala Preity Zinta, Nggak Pakai Ribet

Menu diet sehat. (Unsplash/Heather Schwartz)
Menu diet sehat. (Unsplash/Heather Schwartz)

2. Diet Keto

Proses ketosis dalam diet keto diketahui  membakar lemak sebagai bahan bakar pengganti energi tubuh yang biasanya didapatkan dari karbohidrat.

Jadi untuk melakukan ini, seseorang perlu makan banyak lemak dan mengurangi karbohidrat. Sayangnya, diet ini dihubungkan dengan masalah kardiovaskular.

3. Diet Paleo

Diet paleo fokus pada  kelompok makanan seperti daging, buah-buahan, sayuran, dan lemak sehat. Jika menerapkan metode diet ini, kamu harus menghindari makanan seperti susu, makanan olahan, dan biji-bijian utuh atau yang sudah dihaluskan.

Menghindari nasi saat diet. (Unsplash/Vitchakorn Koonyosying)
Menghindari nasi saat diet. (Unsplash/Vitchakorn Koonyosying)

4. Diet Anti-Peradangan

Tidak jauh berbeda, diet ini juga lebih fokus pada makanan yang banyak mengandung omega-3. Kandungan omega-3 bisa melindungi tubuh terhadap kerusakan yang disebabkan oleh peradangan.

Makanan yang bisa dikonsumsi antara lain sayuran berdaun hijau, tomat, dan buah-buahan seperti stroberi, bluberi, dan jeruk. Selain itu ketimbang makan daging, lebih baik makan ikan dua kali seminggu untuk mendapatkan dosis lemak omega-3 yang diperlukan tubuh.

Menu diet sehat. (Unsplash/Katka Pavlickova)
Menu diet sehat. (Unsplash/Katka Pavlickova)

5. Diet Dash

Diet dash tidak hanya membantu orang menurunkan berat badan tetapi juga tekanan darah tinggi. Karakteristiknya adalah anjuran untuk mengonsumsi buah-buahan, sayur, gandum utuh, protein tanpa lemak, dan produk dairy rendah lemak.

Orang yang menjalankan diet dash wajib menghindari lemak jenuh, minuman bergula, permen, minyak, produk dairy penuh lemak. Harus menyantap makanan rendah garam juga.

Baca Juga: Penampilan Makin Oke, 5 Artis Ini Sukses Diet

Itulah tadi deretan metode diet terpopuler sepanjang tahun 2018. Jadi, kamu sudah pernah coba yang mana? Berhasil, nggak?

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI