Wanita Pendek Lebih Sulit Menurunkan Berat Badan

Menurut kata ahli sih iya.

By: Yoeni Syafitri Sekar Ayoe icon Senin, 31 Desember 2018 icon 16:54 WIB
Wanita Pendek Lebih Sulit Menurunkan Berat Badan

Ilustrasi program diet. (Unsplash/Jamie Matociños)

Banyak wanita menginginkan tubuh ideal yang ramping. Namun untuk wanita yang bertubuh pendek harus berusaha lebih ekstra, sebab wanita pendek lebih sulit menurunkan berat badan.

Dilansir Unilad, menurut Craig Primack dari Obesity Medicine Association, menurutnya wanita pendek memiliki metabolisme yang lebih lambat. Jika rata-rata wanita berbaring di tempat tidur selama 24 jam, dia akan membakar 1.400 kalori.

''Tetapi saya melihat wanita yang lebih pendek dari 152 centi meter memiliki tingkat metabolisme basal (BMR) 1.200 kalori, sedangkan yang tingginya sekitar 179 centi meter BMR-nya 1750 kalori per hari,'' ujar Craig Primack.

Baca Juga: Deretan Diet Terpopuler 2018, Kamu Sudah Coba yang Mana?

Hal itu menunjukkan semakin kecil tubuh Anda, semakin sedikit energi yang dibutuhkan, dan semakin sedikit kalori yang terbakar. Craig Primack juga menjelaskan bahwa wanita yang lebih pendek memiliki massa tubuh tanpa lemak lebih sedikit.

Ilustrasi diet. (Unsplash/Rawpixel)
Ilustrasi diet. (Unsplash/Rawpixel)

 

Selain itu, studi menemukan bahwa wanita bertubuh pendek susah menurunkan berat karena memiliki massa otot yang kerjanya tidak secepat massa otot pada orang-orang bertubuh tinggi.

Baca Juga: 3 Manfaat Memaafkan, Bisa Bikin Dietmu Lancar Juga

Faktor lainnya, wanita bertubuh pendek mengonsumsi makanan dengan jumlah yang sama dengan teman yang lebih tinggi. Sehingga wanita pendek harus mengonsumsi kalori lebih sedikit bila ingin menurunkan berat badan dibandingkan temannya yang lebih tinggi walau faktor-faktor lain sama.

Meski begitu, tidak semua wanita pendek akan kesusahan menurunkan berat dan wanita tinggi lebih mudah menurunkan berat badan.

Adanya faktor lain seperti gen, hormon, tingkat aktivitas atau gerak tubuh, tingkat stres dan porsi makan juga berpengaruh besar terhadap berat badan seseorang.

Baca Juga: Tips Bugar ala Preity Zinta, Nggak Pakai Ribet

Mau bertubuh pendek atau pun tinggi, selama seseorang sungguh-sungguh dalam diet pasti akan berhasil.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI