Ini 5 Manfaat Jika Rutin Mengonsumsi Matcha, Apa Saja Ya?

Bisa bikin kamu lebih rileks, lho.

By: Dinar Surya Oktarini icon Jumat, 18 Januari 2019 icon 10:25 WIB
Ini 5 Manfaat Jika Rutin Mengonsumsi Matcha, Apa Saja Ya?

Ilustrasi matcha. (Unsplash/Charisse Kenion)

Sekarang matcha menjadi salah satu minuman atau dessert yang menjadi favorite banyak orang. Selain enak, ternyata ada beberapa manfaat jika rutin mengonsumsi matcha. Penasaran apa saja?

Matcha yang berasal dari Jepang ini mempunyai rasa yang unik. Jadi tak heran kalau matcha sekarang mempunyai banyak penggemar. So, kita cari tahu yuk manfaat matcha jika rutin dikonsumsi di bawah ini.

1. Meredakan stres

Kalau kamu sedang merasakan cemas berlebihan, disarankan untuk meminum segelas matcha. Matcha bisa membantu meredakan stres dan mengurangi rasa cemas yang sedang kamu rasakan.

Kandungan polyphenol yang berada di dalam matcha ini akan membuat kamu merasa lebih tenang dan senang.

Ilustrasi matcha. (Unsplash/Jason Leung)
Ilustrasi matcha. (Unsplash/Jason Leung)

 

2. Mencegah penuaan dini

Matcha adalah turunan dari teh hijau yang terkenal dengan kandungan antioksidan yang tinggi. Hal ini bermanfaat untuk memperlambat proses penuaan dini.

Selain itu, rajin mengonsumsi matcha diklaim bisa menjauhkan tubuh dari penyakit kanker.

3. Mempercepat proses metabolisme

Bagi kalian yang belum tahu, matcha juga mempunyai kemampuan untuk membakar lebih banyak kalori yang ada di dalam tubuh.

Menurut penelitian, matcha dapat membakar lemak hingga 25 persen. Ini bisa kamu tunjang dengan olahraga dan gaya hidup sehat. So, kamu bisa menurunkan berat badan dengan rutin mengonsumsi matcha.

4. Membantu proses detoksifikasi

Ilustrasi matcha. (Unsplash/Rawpixel)
Ilustrasi matcha. (Unsplash/Rawpixel)

 

Rutin mengonsumsi matcha bisa membantu proses detoksifikasi atau pengeluaran racun dari dalam tubuh. Tentu ini penting untuk dilakukan.

Matcha mengandung klorofil yang tinggi. Klorofil bisa bermanfaat untuk mengeluarkan racun dan zat yang tak berguna dari dalam tubuh.

5. Meningkatkan konsentrasi

Salah satu manfaat jika rutin mengonsumsi matcha adalah dapat meningkatkan konsentrasi. Matcha mempunyai kandungan L-Theanine yang memproduksi serotonin dan juga dopamin.

Kedua zat ini berfungsi untuk meningkatkan mood, memperkuat daya ingat, dan membuat lebih mudah berkonsentrasi.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI