Yuk Coba, 6 Cara Mengatasi Overthinking Paling Ampuh

Kalau konsisten, overthinking bisa diatasi.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 06 Februari 2019 icon 12:35 WIB
Yuk Coba, 6 Cara Mengatasi Overthinking Paling Ampuh

Ilustrasi overthinking. (Unsplash/Nathan Dumlao)

Sementara setiap orang memikirkan hal-hal sesekali, beberapa orang sepertinya tidak pernah bisa menenangkan rentetan pikiran yang kusut alias overthinking.

Overthinking atau memikirkan terlalu banyak hal tidak hanya mengganggu, tapi juga sangat merugikan kesehatan. Studi juga menunjukkan bahwa terlalu banyak berpikir menyebabkan tekanan emosi yang serius.

Memang mengatasi overthinking tidak mudah. Tetapi dengan latihan yang konsisten, kita dapat membatasi pola berpikir negatif tersebut. Berikut caranya berhenti terlalu banyak berpikir dilansir dari Psychology Today. Yuk, simak!

Baca Juga: Ini 4 Alasan Logis Kenapa Kamu Nggak Boleh Overthinking

1. Sadari ketika kamu terlalu banyak berpikir

Kesadaran adalah langkah pertama untuk mengakhiri terlalu banyak berpikir. Mulailah memperhatikan cara berpikirmu. Ketika pikiranmu menampilkan peristiwa yang sama berulang kali atau mengkhawatirkan hal-hal yang tidak dapat dikendalikan, itu tandanya kamu overthinking.

2. Tantang pikiran

Mudah terbawa dengan pikiran negatif adalah masalahnya. Belajarlah untuk mengenali dan mengganti kesalahan berpikir sebelum itu membuatmu benar-benar gila.

Ilustrasi overthinking. (Unsplash/Nathan Dumlao)
Ilustrasi overthinking. (Unsplash/Nathan Dumlao)

 

3. Tetap fokus pada pemecahan masalah

Tanyakan pada diri sendiri langkah apa yang dapat Anda ambil untuk belajar dari kesalahan atau menghindari masalah di masa depan. Alih-alih bertanya mengapa sesuatu terjadi, tanyakan pada diri sendiri apa yang dapat kamu lakukan.

4. Jadwalkan waktu untuk refleksi

Refleksi singkat dapat membantu. Contohnya, masukkan 20 menit ''waktu berpikir'' ke dalam jadwal harianmu. Selama waktu ini, biarkan dirimu khawatir dan merenungkan apapun yang kamu inginkan.

Ketika waktunya habis, beralihlah ke sesuatu yang lebih produktif. Saat melihat diri sendiri terlalu memikirkan hal-hal di luar waktu yang dijadwalkan, ingatkan diri bahwa kamu akan memikirkannya nanti.

Ilustrasi overthinking. (Unsplash/Bernard)
Ilustrasi overthinking. (Unsplash/Bernard)

 

5. Berlatih mindfulness atau kesadaran diri

Tidak mungkin untuk mengulang hari kemarin atau khawatir tentang hari esok ketika hidup di masa sekarang. Oleh karena itu, diperlukan komitmen untuk menjadi lebih sadar menjalani hari ini. Mindfulness membutuhkan latihan, seperti keterampilan lainnya, tetapi seiring waktu, itu dapat mengurangi berpikir berlebihan.

6. Ubah cara

Memberitahu diri sendiri untuk berhenti memikirkan sesuatu dapat menjadi bumerang. Semakin kamu mencoba untuk menghindari pikiran masuk, maka semakin besar kemungkinannya untuk terus bermunculan.

Menyibukkan diri dengan suatu kegiatan adalah cara terbaik untuk mengubah pikiran negatif dan mengatasi overthinking. Misalnya berolah raga, terlibat dalam percakapan pada topik baru, atau mulai mengerjakan proyek yang akan mengalihkan pikiranmu dari rentetan pikiran negatif.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI