Tren Diet Planetarian untuk Kamu yang Peduli Lingkungan

Ingin mencoba tren diet planetarian ini?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 06 Februari 2019 icon 18:54 WIB
Tren Diet Planetarian untuk Kamu yang Peduli Lingkungan

Ilustrasi diet. (Unsplash/Rawpixel)

Ada banyak jenis tren diet yang bisa kita ikuti. Salah satunya adalah tren diet planetarian untuk kamu yang peduli lingkungan.

Diet ini berarti mengonsumsi makanan yang produksinya rendah karbon. Sebab, diet ini merupakan upaya mengurangi masalah lingkungan.

Zaman sekarang makin banyak diet berbasis prinsip dan konsep hidup. Diet ini dilakukan dengan fokus pada pemeliharan lingkungan.

Baca Juga: Diet Menyenangkan dengan Asupan Bernutrisi Lengkap, Caranya?

Planetarian berarti hanya mengonsumsi makanan yang ramah lingkungan atau metode produksinya rendah emisi karbon. Tujuannya adalah makan untuk mengurangi masalah lingkungan dan pemanasan global.

Planetary Health Diet diumumkan oleh EAT-Lancet Commission, sebuah organisasi internasional yang bertugas menentukan target untuk produksi pangan berkelanjutan.

Ilustrasi sayuran sehat. (Unsplash)
Ilustrasi sayuran sehat. (Unsplash)

 

Baca Juga: Jajal Metode Diet Nyeleneh, Model Ini Nekat Makan Sambil Telanjang

Mereka berharap diet ini dapat memiliki dampak yang sangat positif.

''Hari ini, produksi pangan global adalah pendorong tunggal terbesar degradasi lingkungan, ketidakstabilan iklim, dan pelanggaran batas-batas planet. Diet yang tidak sehat sekarang menjadi faktor risiko utama untuk beban penyakit tidak menular seperti diabetes, penyakit jantung, dan kanker,'' demikian yang tertulis di situs resmi mereka.

Dilansir dari laman Metro, kamu diperbolehkan makan daging dalam jumlah sedang. Namun, diet harus berfokus pada buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, dan protein nabati.

Daging segar. (Unsplash)
Daging segar. (Unsplash)

 

Tren diet planetarian ini jauh lebih ketat daripada diet vegan. Hanya saja, dapat disesuaikan dengan kebutuhan diet daging.

Selain itu, diet ini tidak membatasi semua kelompok makanan secara menyeluruh dan hanya fokus pada produk yang tidak diolah pabrik tetapi memiliki manfaat kesehatan secara signifikan dan tahan lama.

Baca Juga: Begini Caranya Punya Perut Rata ala Jennifer Lopez, Cuma 10 Hari!

Tentunya jenis diet ini bukan tentang mengurangi kelompok makanan atau nutrisi tertentu. Ini lebih pada makan secara wajar dan cukup, serta konsumsi bahan nabati yang sehat.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI