Manfaat Jus Lidah Buaya, Sudah Pernah Minum?

Jus lidah buaya juga memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 11 Februari 2019 icon 14:57 WIB
Manfaat Jus Lidah Buaya, Sudah Pernah Minum?

Ilustrasi jus lidah buaya. (Pixabay/difotolive)

Manfaat lidah buaya biasa digunakan untuk rambut dan kulit. Olahan jus lidah buaya bahkan juga baik untuk kesehatan tubuh.

Berikut adalah beberapa manfaat jus lidah buaya bagi kesehatan tubuh, dilansir Hello Sehat

1. Mengatasi sembelit

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini Cara Hilangkan Ketombe dengan Lidah Buaya

Jus lidah buaya sangat baik untuk membantu mengatasi sembelit. Dikutip dari Healthline, sebuah penelitian berhasil menunjukkan bahwa jus lidah buaya mampu meningkatkan kadar air dalam usus.

Jika kadar air meningkat, itu akan merangsang gerakan mendorong pada usus (peristaltik), sehingga melancarkan BAB.

2. Menjaga kesehatan kulit

Baca Juga: Selalu Jadi Solusi, Ini Efek Samping Lidah Buaya

Lidah buaya termasuk tanaman kaya antioksidan sehingga membantu melindungi kulit dari bahaya radikal bebas yang bisa membuat tampilan kulit menjadi lebih tua dan kusam. Senyawa di dalam lidah buaya juga telah terbukti mampu menteralkan efek radiasi ultraviolet (UV).

Dengan begitu, jus lidah buaya membantu memperbaiki kulit dari kerusakan sinar UV dan mencegah garis-garis halus serta kerutan. Jus lidah buaya juga membantu mengurangi peradangan pada kulit seperti jerawat atau psoriasis, lho.

Jus lidah buaya. (Shutterstock)
Jus lidah buaya. (Shutterstock)

 

3. Bantu atasi radang gusi

Sebuah penelitian yang dilakukan dosen dan mahasiswa di Universitas Hasanuddin, Makassar, menemukan fakta bahwa obat kumur berbahan jus lidah buaya membantu mengurangi peradangan gusi, khususnya pasca perawatan untuk menghilangkan plak.

Para responden yang menggunakan obat kumur dari jus lidah buaya cenderung mengalami radang gusi lebih ringan dibandingkan mereka yang tidak. Para peneliti menyebut sifat antibakteri dan antimikroba lah yang berperan dalam hal ini.

4. Mengendalikan kadar gula darah

Sebuah analisis yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Pharmacy and Therapeutics, menemukan bahwa manfaat jus lidah buaya lainnya adalah membantu mengendalikan kadar gula darah pada orang dengan prediabetes dan diabetes tipe 2.

Para ahli mengungkapkan, ekstrak tanaman ini mampu menyerap gula yang baru saja dicerna di dalam tubuh. Jadi kamu bisa minum jus lidah buaya sebagai perawatan alami tambahan untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Perawatan kulit dengan lidah buaya. (Shutterstock)
Perawatan kulit dengan lidah buaya. (Shutterstock)

 

5. Menjaga kesehatan pencernaan

Lidah buaya mengandung enzim yang membantu proses pemecahan gula dan lemak agar sistem pencernaan berjalan lancar. Kalau sistem pencernaan lancar, semua nutrisi dari makanan dapat diserap dengan baik.

Jus lidah buaya juga membantu mengurangi iritasi pada lambung dan usus. Dikutip dari Healthline, sebuah studi pada 2013 lalu menemukan fakta bahwa jus lidah buaya mengurangi rasa sakit pada pengidap irritable bowel syndrome (IBS).

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan 6 Bahan Alami

Meski begitu, penelitian-penelitian di atas masih terbatas sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui komponen dan dosis lidah buaya yang sesuai. Intinya, selalu konsultasikan ke dokter jika keluhanmu tidak kunjung membaik.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI