Riset Membuktikan, Wanita Berpakaian Kayak Gini Lebih Mudah Naik Jabatan

Berpakaian seperti apa ya kira-kira?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 14 Februari 2019 icon 15:24 WIB
Riset Membuktikan, Wanita Berpakaian Kayak Gini Lebih Mudah Naik Jabatan

Ilustrasi pekerja perempuan. (Unsplash/Andrew Neel)

Pada umumnya masalah tentang naik jabatan memang dinilai melalui hasil kerja keras dan ketekunan dalam bekerja. Namun, jangan sampai lupa bahwa penampilan juga menjadi faktor penunjang kesuksesan karier.

Banyak penelitian telah membuktikan bahwa cara berpenampilan mempengaruhi jenjang karir, terutama pada pekerja wanita. Ada sebuah riset terbaru yang mengungkap cara berpakaian wanita karier yang dianggap membuat mereka mudah naik jabatan.

Sebelumnya, riset menunjukkan jika kebanyakan wanita yang berdandan di kantor akan menerima penghasilan yang lebih tinggi daripada yang tidak.

Baca Juga: Catat ya, Baju dengan 5 Warna Ini Bikin Penampilanmu Lebih Oke

Cara berpakaian yang juga bisa meningkatkan percaya diri dan membuat wanita lebih sukses dalam pekerjaan. Riset ini sebenarnya mengungkap fakta yang bisa dibilang menyedihkan.

Kerja sambil berdiri. (Unsplash/Andrew Neel)
Kerja sambil berdiri. (Unsplash/Andrew Neel)

Dilansir dari Bussines Insider, wanita hingga kini masih dilihat dan dinilai berdasarkan penampilan di tempat kerja. Jadi, wanita yang pakai rok pendek atau blus berkerah rendah akan membuat mereka lebih mudah naik jabatan.

Penelitian ini dilakukan oleh University of Surrey. Dalam riset ini, ada 24 wanita yang baru lulus kuliah diminta untuk berpakaian layaknya orang kantoran dan seksi.

Baca Juga: Makin Kece, Ini 6 Tips Agar Penampilan Tidak Terlihat Murahan

Foto mereka kemudian ditunjukkan kepada 500 partisipan, termasuk mahasiswa, profesor dan orang dewasa lainnya. Para partisipan pun diminta memberi nilai para wanita tersebut, seberapa kompeten, dan seberapa pantas pakaian yang dikenakan.

Hasilnya, wanita yang memakai blazer dan celana atau rok panjang dinilai lebih tinggi daripada yang mengenakan dress atau rok pendek, atasan berkerah rendah, dan high heels. Para mahasiswa menganggap jika pakaian terlalu seksi bisa berpengaruh butuh terhadap karier.

Bekerja sambil berdiri. (Unsplash/Icons8 team)
Bekerja sambil berdiri. (Unsplash/Icons8 team)

Tanggapan berbeda pun dilayangkan oleh profesor dan orang dewasa lainnya. Mereka justru beranggapan bahwa wanita yang berpakaian lebih seksi lebih mudah diterima bekerja dan dipromosikan.

''Sering dianggap bahwa bagaimana kita berpakaian adalah refleksi dari kerpibadian kita. Tapi ini mungkin tidak terjadi pada wanita, mengingat mereka selalu dinilai berdasarkan penampilan dan kesimpulan tidak patut itu menempel pada mereka, termasuk dalam hal inteligengsi dan kemampuan profesional,'' ungkap Fabio Fasolu, selaku dosen psikologi sosial di University of Surrey.

Ilustrasi bekerja saat liburan. (Unsplash/Christin Hume)
Ilustrasi bekerja saat liburan. (Unsplash/Christin Hume)

Walaupun riset ini membuktikan bahwa wanita yang memakai pakaian seksi lebih mudah naik jabatan, tentu kamu tak harus mengikutinya hanya demi mencapai posisi tinggi di perusahaan.

Tentu usaha dan dedikasi maksimal terhadap perusahaan serta sikap profesional yang baik, itu tak akan mengkhianati hasil, kok.

Baca Juga: Kenalan dengan Sophie, Fashionista Cilik yang Menggemaskan

Namun, tetap menjaga penampilan yang rapi dan sopan harus terus diperhatikan, ya. Bagaimanapun penampilan yang baik akan masuk dalam sebuah penilaian kepribadian juga sehingga jadi salah satu poin pendukung untuk promosi dan naik jabatan.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI