Cegah Depresi, Olahraga 15 Menit Sehari yuk!

Bagaimana bisa olahraga cegah depresi?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Sabtu, 16 Februari 2019 icon 15:06 WIB
Cegah Depresi, Olahraga 15 Menit Sehari yuk!

Ilustrasi olahraga yoga. (Unsplash/kike vega)

Depresi merupakan kondisi yang bisa dialami siapapun dan menyebabkan berbagai masalah lainnya, mulai fisik hingga gangguan mental. Namun, sebuah studi terkini menemukan cara efektif untuk mengurangi dan mencegah depresi. Cukup olahraga 15 menit!

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal JAMA Psychology menemukan bahwa olahraga sebenarnya dapat mencegah depresi. Hanya melakukan olahraga selama 15 menit saja bisa mengurangi risiko depresi, lho!

''Tingkat aktivitas fisik yang lebih tinggi dikaitkan dengan berkurangnya peluang untuk mengidap depresi berat,'' demikian penggalan hasil penelitian tersebut, dilansir dari Nypost.

Baca Juga: Minzy, Mantan Anggota 2NE1 yang Bicara Soal Depresi

Untuk mengarah pada kesimpulan ini, peneliti menganalisis UK Biobank, basis data yang memuat sampel genetik dari hampir 400.000 lelaki dan perempuan di Inggris. Peneliti menemukan bahwa responden dengan varian gen tertentu yang membuatnya tetap bergerak, lebih rendah risikonya mengidap depresi.

Olahraga sederhana dengan cara naik turun tangga. (Shutterstock)
Olahraga sederhana dengan cara naik turun tangga. (Shutterstock)

 

Tentu saja walau temuan ini menyebut olahraga 15 menit dapat mengurangi risiko depresi, kamu harus melakukannya secara rutin, bukan pada waktu-waktu tertentu saja.

Baca Juga: Begini Pesan Pangeran Harry tentang Depresi dan Bunuh Diri

Baca Juga: Waduh, Makanan Manis Bisa Jadi Penyebab Depresi

Olahraga mendorong produksi hormon oksitosin atau hormon cinta yang membuat perasaan bahagia. Produksi hormon inilah yang dikaitkan dengan suasana hati yang lebih positif sehingga membuat orang lebih rendah risikonya mengidap depresi atau gangguan mental lainnya. (Suara.com/Firsta Nodia)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI