Apakah Kita Benar-Benar Lelah atau Hanya Malas? Ini Jawabnya!

Ngaku deh, kamu pasti tidak bisa membedakan keduanya.

By: Angga Roni Priambodo icon Minggu, 17 Februari 2019 icon 13:06 WIB
Apakah Kita Benar-Benar Lelah atau Hanya Malas? Ini Jawabnya!

Mengantuk karena kelelahan bekerja. (Unsplash/Kevin Grieve)

Dua hal tersebut mungkin kerap kamu rasakan. Tapi sayangnya kamu tidak bisa membedakan antara benar-benar lelah atau hanya malas.

Dilansir dari In Style, rupanya dua hal itu benar-benar berbeda. Menurut psikolog klinis Kevin Gilliland, lelah mental dan lelah fisik sangatlah berbeda namun mempengaruhi satu sama lain.

Penyebab di balik kelelahan fisik biasanya adalah overtraining atau baru saja memulai workout atau latihan kebugaran dari yang semula bergaya hidup pasif.

Baca Juga: Gara-Gara Penyakit Hashimoto, Perempuan Ini Tidur 19 Jam Sehari

Ilustrasi kelelahan bekerja. (Unsplash/Hutomo Abrianto)
Ilustrasi kelelahan bekerja. (Unsplash/Hutomo Abrianto)

 

Gejala overtraining termasuk peningkatan detak jantung saat istirahat, nyeri otot yang tidak hilang sampai 3 hari setelah latihan, sakit kepala dan nafsu makan berkurang. Jika kamu melihat salah satu tanda tersebut, luangkan beberapa waktu untuk istirahat atau pemulihan.

Penyebab kelelahan fisik yang paling umum lainnya adalah kurang tidur. "Anda mungkin tidak cukup tidur atau kualitas tidur buruk," ujar Dr. Traxler.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Mengatasi Rasa Lelah

Penyebab kurang tidur yang berkualitas dapat berkisar dari stres dan hormon hingga masalah tiroid. Kalau kamu merasa tidak bisa tidur nyenyak atau bangun dengan rasa lelah terus menerus, sebaiknya segera temui dokter. Sebab tidur adalah hal terpenting untuk kesehatan, kebugaran dan tujuan penurunan berat badan.

Dibayar untuk tidur. (Unsplash/Zohre Nemati)
Ilustrasi tidur. (Unsplash/Zohre Nemati)

 

Di sisi lain, kelelahan mental juga hal yang sangat nyata. "Sehari penuh stres di tempat kerja atau bekerja dengan intens pada suatu proyek dapat menghabiskan bahan bakar mental kita untuk hari itu, membuat kita merasa lelah," ujar Gilliland.

Tapi terkadang kita hanya merasa kurang termotivasi atau malas. Kalau ingin mengetahuinya, coba tanyakan pada diri sendiri, "Apakah akan merasa bersemangat melakukan hal yang disukai?" Jika ya, maka kamu hanya malas dengan rutinitas. Kalau tidak, itu artinya kamu memang kelelahan secara fisik.

Bagaimana? Sudah tahu bedanya kan sekarang?

Baca Juga: 5 Tips Biar Kamu Nggak Stres Pas Kerja

 

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI