Ternyata Bahaya, 8 Benda Ini Sebaiknya Tidak Dipinjamkan kepada Orang Lain

Coba pikirkan lagi jika ingin berbagi benda-benda ini dengan orang lain.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 27 Februari 2019 icon 11:20 WIB
Ternyata Bahaya, 8 Benda Ini Sebaiknya Tidak Dipinjamkan kepada Orang Lain

Ilustrasi anting. (Pexels/Rafael Barros)

Berbagi memang merupakan hal positif yang harus diterapkan sejak kecil. Jadi, berbagi memang menjadi hal yang lumrah bahkan dianggap sudah seharusnya seperti itu, termasuk soal meminjamkan barang kepada orang lain.

Namun, berbagi tetap harus ada batasannya, lho. Ada beberapa barang pribadi yang seharusnya tidak boleh dipinjamkan ke orang lain.

Seperti di bawah ini, ada 8 benda yang sebaiknya tidak dipinjamkan ke orang lain karena ternyata bahaya untuk diri kita. Apa saja, ya?

1. Earphone

Ilustrasi earphone. (Unsplash/Daniel Fontenele)
Ilustrasi earphone. (Unsplash/Daniel Fontenele)

Ternyata penggunaan earphone dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri di telinga. Nah, jika kamu meminjamkan earphone kepada orang lain, itu akan meningkatkan risiko tertular bakteri jahat seperti streptococcus dan staphylococcus.

Bakteri tersebut adalah penyebab infeksi telinga, bisul, dan pustula. Jika kamu masih ingin berbagi earphone bersama orang lain, kamu bisa membersihkannya dengan kapas yang sudah dituangkan alkohol.

2. Kuas makeup

Sangat disarankan untuk menghindari berbagi produk atau alat makeup yang bersentuhan dengan cairan tubuh, seperti kelenjar mata, mukosa hidung, air liur, darah, atau jerawat.

Kuas yang bersentuhan dengan itu umumnya digunakan dalam pemakaian eyeliner, eyeshadow, maskara, concealer, dan lipstik. Sebaiknya tidak berbagai kuas makeup dengan orang lain dan hindari menggunakan barang sample di toko kosmetik.

3. Handuk

Ilustrasi handuk. (Pixabay)
Ilustrasi handuk. (Pixabay)

Tahukah kamu bahwa handuk adalah tempat berkembang biaknya kuman, terutama ketika tergantung di kamar mandi dengan lingkungan yang lembap.

Itulah alasannya mengapa tak diperbolehkan untuk berbagi handuk. Handuk yang kotor bisa menginfeksi tubuh dari jamur dan bakteri yang menyebabkan ruam dan jerawat.

4. Sisir

Ternyata berbagi sisir dengan orang lain juga bisa menyebabkan risiko yang buruk, lho. Melalui sisir, akan meningkatkan risiko penyebaran parasit seperti kutu, kudis, hingga infeksi staph. Jika kamu sudah terlanjur berbagi sisir, segera bersihkan dengan sabun, tisu basah, atau alkohol.

5. Deodoran roll-on

Menggunakan deodoran. (Shutterstock)
Menggunakan deodoran. (Shutterstock)

Deodoran dalam bentuk ini bisa menyebabkan infeksi yang serius, terutama jika ketiak mengalami luka kecil setelah bercukur. Wangi deodoran hanya menutupi bau dan tidak dapat mencegah penyebaran bakteri.

Disarankan untuk selalu memilih deodoran dengan bahan antibakteri dan jangan meminjamkannya kepada orang lain bahkan keluarga sekalipun.

6. Lip balm

Tahukah kamu kalau ternyata bibir kita mempunyai pembuluh darah. Penggunaan lip balm dapat membawa mikroba yang ada di aliran darah. Parahnya, virus herpes dapat ditularkan dari satu orang ke orang lain ketika berbagi lip balm atau lipstik.

7. Anting

Anting-anting. (Unsplash/Pete Bellis)
Anting-anting. (Unsplash/Pete Bellis)

Selain di bibir, pembuluh darah juga ada banyak di telinga. Itulah alasan mengapa telinga mudah terinfeksi penyakit yang ditularkan melalui darah hanya dengan menggunakan anting.

Jika kamu terpaksa berbagi anting dengan orang lain, jangan lupa untuk membersihkan aksesori telinga tersebut dengan menggunakan alkohol.

8. Gunting kuku

Salah satu benda yang sebaiknya tidak dipinjamkan kepada orang lain adalah gunting kuku. Ada banyak bakteri, virus, dan mikro organisme jamur pada jari dan kuku manusia.

Maka dari iru, gunting kuku bisa menjadi alat penyalur infeksi. Meminjamkan gunting kuku kepada orang lain dapat meningkatkan risiko penyakit jamur dan hepatitis.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI