Bau Badan Bisa Bikin Orang Mengisolasi Diri Sendiri dari Lingkungan Sosial

Ada yang punya keluhan bau badan?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 10 Maret 2019 icon 09:04 WIB
Bau Badan Bisa Bikin Orang Mengisolasi Diri Sendiri dari Lingkungan Sosial

Banyak berkeringat setelah olahraga bisa menyebabkan bau badan. (Unsplash/Sarah Cervantes)

Punya masalah bau badan memang bikin malu, bahkan bisa membuat seseorang menarik diri dari lingkungan. Fakta ini didapat setelah sebuah survei terhadap 2.000 orang di Inggris. Sebanyak 30 persen dari responden mengaku menghindari berbicara dengan orang lain karena khawatir bau badan atau pakaian apek mereka bakal tercium.

Lebih dari sepertiga responden juga mengatakan karena cemas mempunyai bau tidak enak, mereka bahkan menahan diri untuk tidak memeluk atau dekat-dekat dengan orang lain.

Satu dari 10 responden juga mengaku sering menghindari untuk mengajak seseorang berkencan, sementara 40 persen lainnya menyatakan menarik diri dan menghindari kedekatan dengan orang lain.

Baca Juga: Buat Kamu yang Belum Tahu, Ini Perbedaan Deodoran dan Antiperspirant

Bukan cuma itu, jajak pendapat ini juga menyebutkan empat dari 10 orang yang disurvei telah menyadari bau badan mereka dalam sebuah wawancara pekerjaan dan 36 persen lainnya bersusah payah untuk tidak mengeluarkan bau tidak enak di kantor. Sebanyak 37 persen lainnya mengatakan mereka paling sadar akan masalah bau badan ini saat kencan.

Bau badan juga menyebabkan satu dari 10 orang menghindari kegiatan olahraga di gym.

Ilustrasi trainer gym. (Unsplash/Victor Freitas)
Ilustrasi trainer gym. (Unsplash/Victor Freitas)

''Kita semua hidup sangat aktif, hidup sibuk, dan selalu tak bisa lepas dari perlengkapan gym kita,'' ujar Laura Mcilwaine, juru bicara Lenor Unstoppables Active yang melakukan penelitian.

Baca Juga: Menurut Penelitian, Pria Jomblo Lebih Bau Badan Ketimbang jika Punya Pacar

Namun, lanjut Laura, kain sintetis pada baju olahraga akan menahan bau tak sedap, sehingga cukup sulit untuk membuat kita tetap beraroma segar.

Penelitian ini juga mengungkapkan bau badan adalah aroma yang paling tidak disukai responden dari diri mereka sendiri dan pakaian mereka, baru kemudian diikuti oleh asap, keringat, dan jamur.

Akibatnya, 38 persen responden mengaku sering menyemprotkan deodoran pada pakaian mereka demi menghilangkan bau tersebut.

Menggunakan deodoran. (Shutterstock)
Menggunakan deodoran. (Shutterstock)

Sebagai perbandingan, aroma favorit secara keseluruhan adalah rumput yang baru dipotong, kopi, dan daging asap. Cucian yang baru saja dicuci berada di urutan keempat, sedangkan kue yang baru dipanggang diletakkan di urutan kelima. Beberapa aroma itu paling disukai orang-orang untuk membuat hidung terasa segar.

Baca Juga: Bikin Ilfil, Deretan Aktor Ganteng ini Ternyata Malas Mandi dan Bau Badan

Sebanyak 50 persen melaporkan peningkatan kepercayaan diri ketika mereka merasa harum, dengan 20 persen di antaranya percaya ini membantu mereka merasa percaya diri di gym selama berolahraga. (Suara.com/Dinda Rachmawati)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI