5 Alasan Kamu Tak Disarankan Minum Kopi saat Perut Kosong

Sebaiknya hindari minum kopi saat perut kosong.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 11 Maret 2019 icon 15:24 WIB
5 Alasan Kamu Tak Disarankan Minum Kopi saat Perut Kosong

Ilustrasi minum kopi. (Pexels)

Kopi telah menjadi salah satu minuman favorit orang Indonesia. Mengandung kafein, orang biasanya minum kopi di pagi hari sebelum beraktivitas.

Namun perlu diketahui, nyatanya minum kopi saat perut kosong sangat tidak disarankan oleh pakar kesehatan. Dikutip dari Nutrition EXP, minum kopi saat perut kosong bisa menimbulkan beberapa masalah kesehatan. Apa saja, ya?

1. Kontraksi kantong empedu

Baca Juga: Gadis Ini Minum 10 Cangkir Kopi Sehari, Dampaknya Ngeri Banget

Hindari minum kopi saat perut kosong karena dapat menyebabkan kantong empedu berkontraksi. Ini bisa menyebabkan ukurannya menyusut dan berhenti berfungsi dengan benar. Efeknya meliputi kehilangan nafsu makan, rasa sakit, muntah, sakit kuning, diare, dan batu ginjal.

2. Kecemasan

Ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa kafein dalam kopi dapat dikaitkan dengan kecemasan. Ini bahkan dapat tumbuh menjadi fobia dan gangguan obsesif-kompulsif.

Baca Juga: Ternyata Kopi Bisa Bikin Rambut Jadi Lebih Sehat, Masa sih?

Barista kopi di cofee shop. (Unsplash/Nathan Dumlao)
Barista kopi di cofee shop. (Unsplash/Nathan Dumlao)

3. Sulit konsentrasi

Bagi yang belum terbiasa, minum kopi saat perut kosong bisa membuat tangan bergetar dan terus waspada. Selain itu, tingkat konsentrasi dan kinerja kerja berada pada titik terendah sepanjang waktu.

4. Tekanan darah naik

Penderita hipertensi mungkin mengalami tekanan darah tinggi dari minum kopi. Perubahan bisa berlangsung selama sekitar dua atau tiga jam sehingga bisa membuat seseorang merasa tak nyaman. Segera ganti kopi dengan air putih, ya.

Membuat scrub kopi. (Unsplash/Janko Ferli)
Membuat scrub kopi. (Unsplash/Janko Ferli)

5. Gejala menopause

Menurut Journal of the North American Menopause Society, kafein dapat meningkatkan gangguan gejala vasomotor pada wanita pascamenopause, termasuk keringat malam, hot flash dan atrofi vulvovaginal atau ukuran vagina yang mengecil.

Baca Juga: Ini Perbedaan Karakter Penikmat Kopi dan Teh

Itulah tadi beberapa efek minum kopi saat perut kosong. Minum kopi tidak dilarang, kok. Namun, perhatian aturan mainnya demi kesehatan tubuh, ya. (Himedik/Yuliana Sere)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI