Lifestyle

Waduh, Hal Sepele Ini Bisa Bikin Kamu Dipecat

Hal sepele berikut jangan dijadikan kebiasaan di kantor ya.

Vika Widiastuti | Yasinta Rahmawati

Ilustrasi wawancara kerja. (Unsplash/Rawpixel)
Ilustrasi wawancara kerja. (Unsplash/Rawpixel)

Dewiku.com - Bekerja memang tidak selalu menyenangkan, terkadang ada titik jenuh yang tidak bisa dihindari. Meski begitu, jangan sampai melakukan hal-hal yang bisa bikin kamu dipecat, apalagi jika itu adalah hal yang sepele.

Berikut sudah DewiKu rangkum beberapa hal sepele yang bisa jadi pertimbangan bos untuk memecatmu. Jangan dijadikan kebiasaan ya.

1. Selalu berpikiran negatif dan pesimis
Dilansir dari Business Insider, Rosemary Haefner, seorang Chief Human Resource Officer untuk CareerBuilder menyebutkan bahwa 62% perusahaan tidak tertarik memberi promosi jabatan pada karyawan yang selalu berpikir negatif dan bersikap pesimis. Karyawan seperti ini dinilai tidak bisa memberi dampak baik untuk perusahaan. Hayo, siapa nih yang suka pesimis duluan sebelum berjuang?

Stres bekerja. (Unsplash/JESHOOTS.COM)
Stres bekerja. (Unsplash/JESHOOTS.COM)

2. Cara berpakaian
Tiap perusahaan memiliki etika berpakaian tersendiri, baik formal maupun kasual. Tapi kalau semua orang kantor selalu memerhatikanmu dari atas sampai bawah dan mengkritik cara berpakaianmu yang tidak sesuai, lebih baik merubahnya.

3. Mengobrol
Terlalu sering ngobrol dengan teman kantor atau keluarga lewat telepon saat jam kerja bisa sangat mengganggu, apalagi jika membahas masalah pribadi. Kamu juga harus lihat situasi dan tempat. Sebaiknya lakukan hal ini saat waktu istirahat

4. Oportunis
Beberapa kantor mungkin punya peraturan istimewa untuk karyawan. Tapi sebaiknya jangan terlalu memanfaatkan peraturan istimewa tersebut. Kalau ketahuan, bisa berujung pemecatan. Misalnya, sering meminta ekstra dana kantor untuk business trip padahal sebenarnya untuk expand jalan-jalan.

Ilustrasi wawancara kerja. (Unsplash/Rawpixel)
Ilustrasi wawancara kerja. (Unsplash/Rawpixel)


5. Curhat di medsos
Hal-hal yang berhubungan dengan kantor, sebaiknya tidak diumbar di media sosial. Terlebih jika hal itu adalah rahasia perusahaan, nyindir bos atau perusahaan.

6. Terlambat
Datang tepat waktu adalah salah satu penilaian penting untuk karyawan. Jadi, kalau kamu selalu terlambat datang ke kantor, hati-hati dengan nilai performamu di depan bos. Hal itu berlaku juga untuk meeting.

Berita Terkait

Berita Terkini