Lifestyle

Jangan Jadi Alasan, Ini Tips Jalani Diet Saat Berpuasa

Puasa bukan menjadi alasan untuk kamu gagal diet ya.

Galih Priatmojo | Kintan Sekarwangi

Ilustrasi diet. (Unsplash/Rawpixel)
Ilustrasi diet. (Unsplash/Rawpixel)

Dewiku.com - Bagi umat Muslim, puasa di bulan Ramadan menjadi hal wajib untuk dijalani. Namun, bagi beberapa orang yang sedang menjalani program diet tampaknya tidak begitu mudah dalam melanjutkan programnya di bulan puasa ini.

Banyak alasan yang membuat mereka gagal diet di bulan puasa. Mulai dari susah dalam menyesuaikan jam makan yang berbeda dari biasanya hingga membiasakan diri dalam menjaga asupanan makanan dan minuman saat berbuka puasa.

Nah, mulai sekarang tidak ada lagi alasan untuk tidak melanjutkan gaya hidup sehat. Yuk ikuti tips jalani diet saat berpuasa seperti di bawah ini!

1. Perhatikan waktu tidur

Tidur menyamping. (Unsplash/Bruce Mars)
Tidur menyamping. (Unsplash/Bruce Mars)

Hal penting yang cukup sederhana adalah memiliki waktu tidur yang berkualitas. Hal ini tentunya dapat memperlancar metabolisme tubuh yang sangat berpengarih dalam pembakaran kalori pada tubuh.

2. Tetap lakukan olahraga

Perlu kamu tahu bahwa diet saat puasa tidak akan lengkap tanpa kegiatan workout yang dapat membakar glukosa dalam tubuhmu. Jika dibarengi dengan mengonsumsi makanan tinggi protein dan serat, maka program diet akan berjalan dengan sangat baik.

Sangat disarankan untuk melakukan olahraga ringan dalam bulan puasa ini, agar tidak terlalu kelelahan tentunya.

3. Makan dan minum secara perlahan

Hobi makan. (Unsplash/Adrienn)
Hobi makan. (Unsplash/Adrienn)

Hayo ngaku siapa di sini kalau buka puasa langsung balas dendam dengan memakan semua makanan di depan mata? Hati-hati ya, jangan lupa untuk selalu mengontrol makanan dan minuman yang hendak kamu konsumsi saat buka puasa.

Tetap usahakan untuk makan dan minum secara perlahan dengan porsi yang tak berlebihan, agar program dietmu juga berjalan dengan baik.

4. Hindari makanan berminyak

Walaupun makanan yang dimasak melalui proses penggorengan jauh lebih menarik, namun jenis makanan ini tidaklah pas untuk dikonsumsi saat kamu menjalani program diet di masa puasa.

Lemak jenuh yang terkandung dalam makanan berminyak juga bisa menghancurkan program diet yang selama ini kamu jalani, lho.

5. Konsumsi makanan yang kaya akan protein dan serat

Ilustrasi oatmeal. (Pixabay)
Ilustrasi oatmeal. (Pixabay)

Salah satu tips jalani diet saat berpuasa adalah mengonsumsi makanan yang kaya akan protein dan serat. Kamu bisa memulai sahur dengan makanan yang mengandung protein dan serat yang cukup tinggi.

Jenis makanan inilah yang mampu menahan rasa lapar dalam jangka waktu yang cukup lama sehingga saat berbuka nanti, porsi makanan yang kamu konsumsi pas dan tidak berlebihan.

Berita Terkait

Berita Terkini