Kendalikan Dirimu, Tips Cegah Uang THR Tidak Cepat Ludes

Uang THR biasanya bisa habis dalam sekejap mata.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 17 Mei 2019 icon 12:51 WIB
Kendalikan Dirimu, Tips Cegah Uang THR Tidak Cepat Ludes

Ilustrasi uang. (Unsplash/Bady QB)

Menerima gaji sekaligus THR membuat banyak orang menjadi kalap dan cenderung berhasrat menghabiskan uang tersebut dalam waktu singkat. Tidak heran uang THR bisa ludes hanya dalam sekejap mata.

Walau mungkin jumlahnya besar, uang tetap harus digunakan dengan bijak, sesuai prioritas yang dibutuhkan. Biar THR tidak ludes secara sia-sia, sebaiknya simak tips di bawah ini.

1. Kebutuhan lebaran

Baca Juga: Demi Hemat, Wanita Ini Nekat Makan Mi Instan Selama 3 Minggu

Belanja untuk kebutuhan Lebaran tentunya menjadi hal yang paling tidak bisa dihindari. Beberapa tradisi Lebaran seperti membeli baju baru, membuat kue, hingga merapikan rumah, jelas membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Oleh karena itu, ada baiknya membuat alokasi THR. Salah satunya dengan menyisihkan 30 persen dari THR untuk pengeluaran kebutuhan selama Lebaran.

Ilustrasi uang. (Shutterstock)
Ilustrasi uang. (Shutterstock)

2. Untuk investasi

Baca Juga: Deretan Cara Hemat untuk Kamu yang Doyan Belanja

Biar tidak langsung habis untuk belanja, penghasilan sebaiknya disisihkan untuk investasi, bisa dimulai dengan investasi paling aman seperti membeli emas logam mulia. Kamu bisa juga investasi ke pasar modal dengan mempertimbangkan risiko untung ruginya.

Ilustrasi berdonasi. (Unsplash/Kat Yukawa)
Ilustrasi berdonasi. (Unsplash/Kat Yukawa)

3. Untuk sosial

Baca Juga: Biar Nggak Boros, Jawab 3 Pertanyaan Ini Sebelum Belanja

Agar uang THR lebih berkah, ada baiknya juga untuk mengalokasikan sebagian uang tersebut kepada hal-hal sosial seperti zakat, infaq maupun sedekah. Banyak cara untuk berzakat, mulai dari memberikan kepada orang tidak mampu di sekitar atau ke badan amal. Jadi walau uang THR habis, akan terasa begitu melegakan.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI