Terlalu Cantik Juga Tidak Baik, Wanita Ini Mengeluh Susah Dapat Pekerjaan

Kenapa punya wajah terlalu cantik membuatnya susah dapat pekerjaan?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 21 Mei 2019 icon 08:35 WIB
Terlalu Cantik Juga Tidak Baik, Wanita Ini Mengeluh Susah Dapat Pekerjaan

Irina Kova. (Instagram/@irinak0va)

Seorang perempuan 33 tahun asal Rusia memutuskan untuk membuka usaha sendiri setelah berjuang mencari pekerjaan tapi kerap ditolak karena dianggap terlalu cantik. Dia mengeluh sangat susah dapat pekerjaan.

Ia adalah Irina Kova, lulusan sekolah hukum yang kini berjualan pakaian bergaya vintage secara online.

Irina mengklaim kecantikannya membuat ia kesulitan mendapatkan pekerjaan di London meski mempunyai gelar sarjana hukum dan CV yang mengesankan.

Baca Juga: Jenuh dengan Suasana Kerja? Coba Microbreak

"Bahkan selama proses perekrutan, kecantikan menghalangi saya. Saya memiliki gelar sarjana hukum dan CV yang bagus tetapi agen rekrutmen saya masih menyuruh saya untuk mewarnai rambut pirang saya menjadi gelap untuk wawancara," ungkap Irina Kova kepada tabloid Inggris, The Sun, yang seperti yang dilansir dari Oddity Central.

Saat Irina mewarnai rambutnya menjadi gelap, ia mengaku mendapatkan banyak tawaran kerja. "Saya bahkan mulai memakai kacamata bening, meskipun penglihatan saya sempurna, agar terlihat lebih profesional," kata Irina lagi.

Irina Kova. (Instagram/@irinak0va)
Irina Kova. (Instagram/@irinak0va)

Mantan bosnya juga pernah menyuruh Irina tidak tampil menonjol dan menjadi lebih rendah hati. Namun, Irina mengatakan dirinya sudah tampil apa adanya.

Baca Juga: NASA Bayar Orang Ratusan Juta Cuma untuk Tidur, Mau?

"Saya juga jarang memakai makeup. Saat Anda memiliki bibir dan mata yang besar, Anda tetap menarik banyak perhatian. Saya pikir laki-laki ingin mempunyai lingkungan perusahaan di mana semua orang sama dan memiliki hipotek dan tiga anak. Dia pada dasarnya menyiratkan bahwa saya terlalu glamor untuk bisa bergaul. Jadi saya akhirnya pergi."

Irina Kova. (Instagram/@irinak0va)
Irina Kova. (Instagram/@irinak0va)

Pengusaha muda itu juga mengatakan bahwa laki-laki tidak pernah benar-benar ingin mempekerjakan dirinya karena mereka tidak ingin terganggu di tempat kerja. Mereka lebih suka mempekerjakan perempuan yang tidak akan 'menghalangi' pekerjaan mereka.

Baca Juga: Kontroversial, Selebgram Ini Nekat Lempar Kursi dari Lantai 45 Apartemen

"Juga, beberapa laki-laki yang sudah menikah tidak ingin istri mereka mengunjungi mereka di tempat kerja dan melihat seorang gadis lajang seksi duduk di sebelah mereka," ujar Iriana mengungkap alasannya buka usaha karena sulit dapat pekerjaan akibat dianggap terlalu cantik. (Suara.com/Risna Halidi)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI