Ini Alasan Kita Suka Bergosip, Simak Penjelasan Psikolog

Bergosip adalah salah satu cara bertahan hidup.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 22 Mei 2019 icon 15:28 WIB
Ini Alasan Kita Suka Bergosip, Simak Penjelasan Psikolog

Ilustrasi gosip di kantor. (Shutterstock)

Semua orang suka bergosip. Itu adalah fakta yang sulit disangkal. Pasalnya, kita semua pasti pernah membicarakan orang lain, baik dalam konteks negatif maupun positif.

Bahkan melansir dari In Style, sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Social Psychological and Personality Science menemukan bahwa orang bisa menghabiskan sekitar 52 menit per hari hanya untuk bergosip.

Lalu, mengapa kita menggunakan hampir satu jam waktu berharga untuk mengobrol tentang kehidupan orang lain? Apakah gosip semenarik itu?

Baca Juga: Cegah Hoaks, Tukang Gosip Bakal Langganan Kena Denda di Kota Ini

Mark Leary, PhD seorang profesor psikologi dan ilmu saraf di Universitas Duke yang berspesialisasi dalam psikologi sosial dan pribadi, memaparkan suka bergosip adalah naluri manusia yang mendasar karena kehidupan kita berakar dalam kelompok.

"Mengingat hal itu, mereka perlu memiliki informasi sebanyak mungkin tentang orang-orang di sekitar mereka untuk mengetahui seperti apa orang lain, siapa yang bisa dan tidak bisa dipercaya, siapa yang berteman dengan siapa dan lainnya," ucap Mark Leary.

Bergosip. (Shutterstock)

Mark menambahkan, gosip tidak cumamengajari kita tentang orang yang menjadi subjek pembicaraan, tetapi juga tentang orang yang berbicara.

Baca Juga: Hobi Gosip, Waspada dengan Empat Zodiak Ini Girls!

"Saya bisa belajar hal-hal tentang sikap, kepercayaan, dan cara berurusan dengan orang-orang dengan melihat siapa dan apa yang kamu gosipkan. Bahkan jika saya tidak bergabung, hanya dengan mendengar gosip orang memberi tahu saya hal-hal tentang apa yang mereka anggap penting, apakah mereka dapat dipercaya untuk menyimpan rahasia, dan sebagainya," kata Mark.

Ilustrasi tiga orang perempuan sedang berbincang. [Shutterstock]
Ilustrasi tiga orang perempuan sedang berbincang. [Shutterstock]

Selain itu, gosip rupanya juga bisa memperkuat ikatan sosial. Sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan dalam jurnal Psychological Science menemukan bahwa dapat gosip meningkatkan kerja sama kelompok dan membuat anggota menjadi lebih rendah hati.

Tentu saja, kita tidak dapat melupakan bahwa bergosip terkadang membawa efek jelek. Intinya, gosip bisa memisahkan maupun menyatukan orang dengan mudah.

Baca Juga: Hobi Gosip, Jangan Sering Curhat ke 3 Zodiak Ini

"Pada dasarnya, berbagi informasi tentang orang lain adalah penting," ungkap Mark Leary.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI