Tampil Beda, Miss Virginia Pilih Tunjukkan Aksi Eksperimen Sains

Camille Schrier adalah Miss Virginia lulusan biokimia.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Sabtu, 06 Juli 2019 icon 15:10 WIB
Tampil Beda, Miss Virginia Pilih Tunjukkan Aksi Eksperimen Sains

Camille Schrier. (Instagram/@missamericava)

Pada putaran bakat kompetisi Miss Virginia tahun ini, sebagian besar kontestan memilih untuk menari atau bernyanyi. Namun, Camille Schrier memilih jalan berbeda.

Wanita berusia 24 tahun yang melabeli dirinya sebagai "ilmuwan aneh" ini memilih memamerkan eksperimen sains. Seperti dikutip dari BBC, Camille memiliki dua gelar sarjana sains dan sedang belajar doktor bidang farmasi di Virginia Commonwealth University dan ingin "menghancurkan stereotip orang".

Dia mengatakan eksperimen sainsnya, yang menunjukkan dekomposisi katalitik hidrogen peroksida, adalah "faktor besar" untuk kemenangannya pada 22 Juni 2019 lalu.

Mulanya Camille tidak berpikir dia memiliki bakat pertunjukan, tetapi ibunya mendorongnya untuk memamerkan pengetahuan sainsnya.

"Saya menganggap itu sebagai tantangan. Butuh sedikit kreativitas bagi saya untuk menemukan cara agar saya bisa mewakili bakat yang saya miliki dengan cara yang menghibur karena kadang-kadang orang memiliki persepsi bahwa sains itu membosankan," ujar dia.

Camille Schrier. (Instagram/@missamericava)
Camille Schrier. (Instagram/@missamericava)

Dia mengakui masih ada "kontroversi" mengenai kompetisi semacam beauty pageant. Meski begitu, ia mengatakan Miss America telah rebranding dan lebih progresif dengan lebih berfokus pada prestasi wanita daripada penampilan.

"Saya memenangkan hampir USD 22.000 uang beasiswa untuk pendidikan pascasarjana saya. Ini jauh lebih dari sekadar kontes kecantikan dalam tanda kutip. Kami telah melepas baju renang dan kami, kembali fokus pada karir wanita," tutur Camille Schrier.

Ilustrasi percobaan kimia. (Unsplash/Bee Naturalles)
Ilustrasi percobaan kimia. (Unsplash/Bee Naturalles)

Kini Camilla telah menjadi Miss Virginia 2019 dan akan lanjut berkompetisi di Miss America 2019 akhir tahun mendatang. Setahun ke depan sebagai Miss Virginia, ia mempunyai misi advokasi untuk pendidikan STEM (Science, Technology, Enginerring and Math).

"Saya berharap untuk menggunakan ini (eksperimen yang membuatnya menang) di seluruh Amerika Serikat untuk membuat orang muda, terutama anak perempuan, tertarik dengan pendidikan dan karir STEM, mudah-mudahan menjadi panutan bagi mereka," kata Camille Schrier.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI