Tanpa Bahan Kimia Keras, 5 Cara Simpel Memutihkan Pakaian Menguning

Sudah pernah mencoba solusi memutihkan pakaian menguning ini sebelumnya?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 17 Juli 2019 icon 15:32 WIB
Tanpa Bahan Kimia Keras, 5 Cara Simpel Memutihkan Pakaian Menguning

Ilustrasi cewek yang suka warna putih. (Pixabay)

Memang ada beberapa item fesyen yang wajib dipunyai oleh setiap orang. Salah satunya adalah pakaian warna putih. Namun, warna ini terbilang susah untuk dirawat. Selain gampang kotor, warnanya bisa berubah menguning jika sering dipakai atau terlalu lama di dalam lemari.

Dewasa ini, tentu semakin banyak produk kimia yang mengklaim bisa memutihkan pakaian seperti baru lagi. Namun, jika ada cara memutihkan pakaian menguning tanpa kimia keras, apa salahnya mencoba?

Dilansir dari Bright Side, berikut ini ada enam cara memutihkan pakaian menguning tanpa kimia keras. Penasaran?

Baca Juga: Girls, Ini Trik Bikin Penampilanmu Makin Menarik, Dicoba Yuk!

1. Matahari

Ya, sinar matahari diklaim sebagai pemutih terbaik. Setelah mencuci pakaian, gantunglah di tali jemuran dan biarkan matahari mengerikannya secara alami.

Sinar matahari akan memutihkan pakaian tanpa bau dan bahaya pemutih. Sinar ultraviolet matahari dapat memecah ikatan kimia dalam noda. Itulah sebabnya warna noda memudar.

Baca Juga: 6 Fashion Outfit Warna Putih Anti Boring ala Febby Rastanty

Ilustrasi pakaian putih. (Unsplash/Charisse K)
Ilustrasi pakaian putih. (Unsplash/Charisse K)

2. Rendam pakai jeruk

Jus lemon adalah pemutih yang sangat baik dan bisa memberi pakaian putih menjadi baru kembali. Campurkan saja setengah cangkir jus lemon ke dalam satu galon air panas.

Rendam pakaian di dalamnya selama satu jam atau bahkan semalaman. Setelah itu, pisahkan pakaian dari campurkan dan tuangkan sisanya ke mesin cuci. Kemudian cucilah pakaian seperti biasa.

Jus lemon dapat digunakan untuk menghilangkan noda karat dari pakaian warna putih. Oleskan jus lemon di atas noda karat dan taburkan krim tartar. Gosok dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu, cuci pakaian secara normal dan noda karat akan pergi dari pakaian putihmu.

3. Tambahkan cuka putih saat mencuci

Cuka bisa menjadi teman terbaik pakaian warna putih kesayanganmu. Dari memutihkan pakaian, menghilangkan noda yang sulit diangkat, hingga menghilangkan bau badan, cuka dapat melakukan semua itu.

Ilustrasi mesin cuci. (Unsplash/Chrissie K)
Ilustrasi mesin cuci. (Unsplash/Chrissie K)

Untuk memutihkan pakaian menguning, campur 1/4 cangkir jus lemon dengan 1/2 cangkir cuka putih. Rendam pakaian selama beberapa saat, lalu cuci pakaian secara normal.

Jika kamu memiliki pakaian yang bau, kamu bisa menghilangkan aroma tak sedapnya dengan menambahkan satu cangkir cuka ke mesin cuci selama pembilasan terakhir.

4. Tambahkan baking soda saat mencuci

Baking soda secara kimiawi sangat mirip dengan soda pencuci sehingga dapat digunakan dengan cara yang sama untuk memutihkan pakaian.

Ilustrasi pakaian putih. (Unsplash/Sylvie T)
Ilustrasi pakaian putih. (Unsplash/Sylvie T)

Baking soda juga merupakan pewangi alami. Pakaianmu tidak hanya akan lebih cerah tapi mempunyai bau yang sangat segar.

Selain itu, baking soda merupakan antiseptik ringan sehingga pakaian dan mesin cuci akan terlindung dari pertumbuhan bakteri.

5. Gunakan deterjen alami

Cara memutihkan pakaian menguning berikutnya adalah dengan menggunakan deterjen alami. Pakaian warna putih lebih bersahabat dengan jenis deterjen ini.

Baca Juga: Tips Mencuci Baju Putih Biar Tetap Terlihat Baru

Kebanyakan dari kita hanya mengetahui deterjen kimia, padahal ada juga deterjen alami, lho. Deterjen alami jauh lebih baik, produk tersebut tidak sekeras deterjen kimia. Deterjen alami juga dapat terurai secara alami dan tidak berpolusi, berbeda dengan deterjen kimia yang sering kita gunakan.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI