Cara Mudah Menurunkan Berat Badan, Coba Konsumsi Probiotik

Probiotik sering disebut mampu menurunkan berat badan secara signifikan.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 09 Agustus 2019 icon 09:31 WIB
Cara Mudah Menurunkan Berat Badan, Coba Konsumsi Probiotik

Sajian yogurt. (Pixabay/Aline Ponce)

Probiotik merupakan salah satu jenis bakteri baik di dalam usus yang bertugas membantu memecah dan mencerna makanan. Namun, benarkah probiotik juga berperan penting dalam urusan menurunkan berat badan?

Bakteri yang dapat ditemukan dalam makanan fermentasi ini bekerja dengan memakan serat. Serat itu kemudian diubah menjadi senyawa yang bermanfaat untuk tubuh.

Mengutip Hellosehat, menurut sebuah penelitian di tahun 2013, salah satu jenis probiotik, yaitu Lactobacillus, dipercaya bisa menurunkan berat badan. 

Baca Juga: Turunkan Berat Badan hingga 25 Kilogram, Alasan Artis Korea Ini Rada Miris

Penelitian itu mengumpulkan beberapa orang yang punya masalah kelebihan berat badan. Selama 6 minggu, mereka wajib mengonsumsi yogurt yang mengandung Lactobacillus. Pada akhir penelitian, terlihat bahwa lemak tubuh mereka berkurang sekitar 3-4%.

Ada juga studi lain yang melibatkan orang dengan berat badan berlebih untuk minum susu yang mengandung Lactobacillus gasseri. 

Ilustrasi yogurt. (Shutterstock)
Ilustrasi yogurt. (Shutterstock)

Hasilnya pun mulai terlihat dalam 12 minggu. Mereka yang mengonsumsi susu fermentasi diketahui kehilangan lemak perut hingga 8,5%. 

Baca Juga: Kisah Wanita Diet Pakai Kokain, Tak Seindah yang Dibayangkan

Sayangnya ketika pemberian susu fermentasi dihentikan, lemak perut yang telah hilang tersebut kembali muncul. Walau begitu, kedua penelitian ini menunjukkan bahwa probiotik memang dapat menurunkan berat badan. 

Nah, berikut adalah beberapa tips mengonsumsi probiotik untuk kesehatan pencernaan sekaligus membantu menurunkan berat badan, masih melansir dari Hellosehat.

Ilustrasi kimchi. (Shutterstock)

1. Makanan yang sudah difermentasi

Ada beberapa jenis makanan yang mengandung probiotik dan dipercaya bisa membantu program diet, di antaranya: 

  • Yogurt
  • Keju yang sudah difermentasi
  • Kombucha
  • Kimchi
  • Tempe

2. Suplemen

Suplemen yang mengandung Lactobacillus dan Bifidobacterium sebenarnya tersedia dan dijual bebas di apotek biasa. Suplemen ini juga bisa jadi pilihan jika ingin mendapat manfaat dari probiotik, termasuk menurunkan berat badan.

Baca Juga: Enak Semua, Ini Camilan yang Aman Dimakan ketika Diet

Kendati demikian, pastikan Anda tetap berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen probiotik, ya.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI