Lakukan Sebelum Tidur, Begini Cara Gampang Membakar Lemak di Malam Hari

Memangnya bisa memakar lemak sebelum tidur?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 13 Agustus 2019 icon 10:16 WIB
Lakukan Sebelum Tidur, Begini Cara Gampang Membakar Lemak di Malam Hari

Dibayar untuk tidur. (Unsplash/Zohre Nemati)

Usaha menurunkan berat badan rupanya bisa dilakukan kapan pun, bahkan sebelum kita pergi tidur. Namun, bagaimana caranya membakar lemak secara efektif di malam hari?

Melansir Brightside, paling tidak sekitar 300-400 kalori akan dibakar tubuh pada malam hari. Tahukah kamu? Itu sudah setara berlari atau jogging selama sejam, lho.

Para ahli mengatakan, tidur menjadi salah satu waktu terbaik untuk menurunkan berat badan. Meski begitu, ada sejumlah kebiasaan yang perlu diperhatikan agar lebih efektif. Sebelum tidur, coba lakukan beberapa langkah berikut:

Baca Juga: Diet "22 Hari Nutrisi" Beyonce, Ahli: Itu Berbahaya!

1. Hindari gadget

Sadar atau tidak, main gadget di malam hari menyebabkan kita susah tidur dan bangun tidur dengan kondisi lelah. Hubungan antara penggunaan gadget dengan diabetes dan obesitas juga ditemukan pada sebuah studi di Harvard.

Sebanyak 10 orang diminta menggeser waktu tidur secara bertahap agar bisa bermain gadget. Hasilnya, kadar gula para responden diketahui menjadi lebih tinggi. Kadar leptin, yakni hormon yang menimbulkan perasaan kenyang setelah makan, juga berkurang.

Baca Juga: Cara Mudah Menurunkan Berat Badan, Coba Konsumsi Probiotik

Ilustrasi bermain gadget. (pixabay/StockSnap)
Ilustrasi bermain gadget. (pixabay/StockSnap)

2. Mengatur suhu menjadi lebih dingin

Bagi kamu yang punya fasilitas AC di kamar, coba atur dengan suhu 18 derajat celcius sebelum tidur. Menurut para ahli, itu adalah angka paling pas.

Menurunkan suhu tubuh di malam hari dapat membantu tidur lebih nyenyak. Tidur dengan suhu tubuh yang lebih dingin juga membuat tubuh membakar lebih banyak energi untuk mempertahankan panas alami.

3. Minum Jus Anggur

Anggur termasuk buah-buahan yang bisa membantu tubuh membakar kalori. Jadi, cobalah minum segelas jus anggur di malam hari dan itu akan membuat tubuh membakar lebih banyak lemak saat tidur.

4. Pola tidur teratur

Pola tidur yang baik tentu sangat berpengaruh terhadap kesehatan. Sebuah penelitian menunjukkan, mereka yang tidur dan bangun dengan waktu yang konsisten setiap hari, dapat mempunyai lemak tubuh lebih rendah.

Selain itu dalam beberapa program diet, bukan cuma pola makan dan olahraga saja yang dibutuhkan, melainkan pola tidur juga.

Ilustrasi minum teh. (Unsplash/Drew Coffman)
Ilustrasi minum teh. (Unsplash/Drew Coffman)

5. Olahraga ringan

Olahraga dan latihan fisik bisa mengatasi stres dan menaikkan metabolisme tubuh sebelum tidur sehingga cukup efektif dalam membantu menurunkan berat badan.

Takut kelelahan sehingga malah jadi susah tidur? Tenang, sebuah penelitian telah menyebutkan olahraga di malam hari tidak akan mengganggu siklus tidur.

6. Minum teh

Tak ada salahnya juga minum teh sebelum tidur, apalagi teh herbal. Teh kayu manis bisa membantumu menurunkan kadar gula darah dan kolestero, teh peppermint bermanfaat mengurangi nafsu makan, ada juga teh chamomile yang akan memberikan efek rileks pada tubuh dan melancarkan sistem pencernaan.

Baca Juga: Turunkan Berat Badan hingga 25 Kilogram, Alasan Artis Korea Ini Rada Miris

Bagaimana menurutmu? Menerapkan beberapa kebiasaan sederhana sebelum tidur untuk membantu menurunkan berat badan bukan hal susah, kan?

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI