Viral Minum Air Selada Bikin Tidur Lebih Nyenyak, Begini Kata Pakar

Apakah minum air selada benar-benar bisa membantu tidur lebih nyenyak?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 27 Juni 2021 icon 09:18 WIB
Viral Minum Air Selada Bikin Tidur Lebih Nyenyak, Begini Kata Pakar

Sayur daun selada. (Pixabay/Marzena P.)

Banyak orang mengonsumsi selada sebagai bahan salad atau pendamping makanan tertentu. Namun, belum lama ini, seorang pengguna TikTok mencoba mengonsumsi sayuran ini dengan cara direbus dan diseduh airnya.

Mereka mengklaim bahwa daun selada rebus atau minum teh selada dapat membantu tertidur lebih cepat dan lebih nyenyak setiap malam. Mereka menyarankan untuk merebus daun selada dalam air mendidih selama 10 menit.

Cara ini dianggap membantu, apalagi pandemi virus corona Covid-19 sekarang ini telah mengganggu pola tidur kebanyakan orang. Meski begitu, apakah minum teh selada atau air rebusan selada ini dapat membantu tidur nyenyak?

Baca Juga: Lakukan Sebelum Tidur, Begini Cara Gampang Membakar Lemak di Malam Hari

Selada tertentu, seperti romaine mengandung fitonutrien yang disebut lactucarium yang mempunyai efek menyenangkan dan merangsang tidur. Selada tidak hanya membantu tidur lebih nyenyak, tetapi juga sudah terbukti memberikan efek positif pada tidur.

Daun selada. (Pixabay/Shutterbug75)
Daun selada. (Pixabay/Shutterbug75)

Satu studi menemukan bahwa selada romaine termasuk sumber pendukung tidur dan mengandung antioksidan yang melindungi dari stres yang disebabkan oleh gangguan tidur.

"Banyak makanan yang memang diketahui bisa membantu tidur lebih efektif. Namun, tidak banyak yang tahu kalau selada bisa membantu tidur," kata Dr Verena Senn, pakar tidur di The Sleep Foundation, seperti dikutip dari Metro UK.

Baca Juga: Sayuran Ini Rupanya Tidak Baik Dikonsumsi Setiap Hari

Kalau mencari makanan kaya asam amino yang dikenal sebagai triptofan, Anda bisa menemukannya dalam telur, kiwi dan kacang-kacangan. Triptofan adalah zat yang dapat membantu tubuh memproduksi hormon tidur melatonin.

Melatonin inilah yang akan membantu mengatur jam tubuh dengan lebih baik. Dr Verena menyarankan orang-orang untuk mengonsumsi camilan ini sebelum tidur di mana efeknya lebih memuaskan daripada minum air selada.

Baca Juga: Dibayar untuk Tidur, Mau Jadi Karyawan Perusahaan Jepang Ini?

Perlu diingat, makan terlalu dekat dengan waktu tidur akan memiliki efek berlawanan karena tubuh akan lebih sibuk mencerna makanan daripada tidur. Oleh karenanya, pastikan Anda mengonsumsi selada beberapa jam sebelum tidur. (*Shevinna Putti Anggraeni)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI