Bisa Langsung Dicoba, 6 Tips Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membantu menurunkan berat badan.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 12 Juli 2021 icon 22:43 WIB
Bisa Langsung Dicoba, 6 Tips Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

Ilustrasi diet. (Unsplash/Rawpixel)

Kesibukan sepanjang hari sering membuat banyak orang sulit untuk memiliki waktu olahraga. Belum lagi dengan kebiasaan tak sehat seperti duduk berjam-jam saat bekerja dan dan mengonsumsi makanan berkalori tinggi.

Semua itu bisa berkontribusi bagi sejumalah penyakit lainnya. Padahal meski dengan kesibukan yang padat, bukan artinya tidak bisa menurunkan berat badan.

Ada sejumlah tips yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan tanpa harus banyak olahraga. Apa saja?

Baca Juga: Mau Tetap Awet Muda di Umur 40 Tahun seperti Jang Nara? Ini Rahasianya

Jangan makan makanan ringan di malam hari

turunkan berat badan. (Shutterstock)
turunkan berat badan. (Shutterstock)

Salah satu cara untuk menghindari penambahan kalori ekstra itu adalah berhenti makan di malam hari dan mengemil tanpa berpikir.

Pilih air daripada soda

Baca Juga: Diklaim Cocok untuk Diet Ketat, Alat Ini Bikin Susah Buka Mulut

Seseorang harus berhati-hati dengan piihan minuman jika mencoba menurunkan berat badan. Karena soda dan minuman manis lainnya memiliki banyak kalori, lebih baik diganti dengan air, susu skim atau susu rendah lemak, atau jus buah 100 persen dalam porsi kecil.

Konsumsi sayur dan buah

Makan buah-buahan dan sayuran bisa membantu dalam menyeimbangkan diet. Coba mulailah makan siang atau makan malam Anda dengan salad sayuran atau sup berbahan dasar kaldu.

Gantikan biji-bijian

PIlih biji-bijian utuh untuk mengganti biji-bijian olahan. Itu akan menambahkan banyak serat yang dibutuhkan dalam makanan Anda. Ini juga bakal membantu Anda makan dengan porsi yang wajar.

Ciptakan lingkungan sehat sendiri

Seseorang harus berhati-hati dengan cara mereka mengisi dapur mereka. Selain itu, mereka juga harus membuat pilihan yang tepat ketika memilih restoran jika berencana makan di luar.

Pangkas porsi

Baca Juga: Organ Intim Wanita Terasa Tak Nyaman setelah Olahraga, Waspadai Kondisi Ini

Orang seringkali makan porsi jauh lebih besar dari yang sebenarnya mereka butuhkan. Akibatnya, ini menghasilkan lebih banyak asupan kalori. Oleh karenanya, salah satu cara agar seseorang tak makan berlebihan adalah mengukur porsinya dengan mangkuk, piring, dan cangkir kecil. (*Dian Kusumo Hapsari)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI