Kerap Merasa Butuh Pendapat Orang Lain saat Bikin Keputusan? Ini Alasannya

Apa yang membuat kita sering merasa membutuhkan pendapat orang lain saat hendak membuat keputusan?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 10 Oktober 2021 icon 13:09 WIB
Kerap Merasa Butuh Pendapat Orang Lain saat Bikin Keputusan? Ini Alasannya

Ilustrasi curhat. (Unsplash/Trung Thanh)

Saat dihadapkan pada berbagai pilihan, kadang seseorang jadi kesulitan untuk memutuskan sesuatu. Sebab, muncul rasa takut jika keputusan yang diambil justru merupakan langkah yang salah.

Sabrina Ara, lewat bukunya yang berjudul "Sayangi Dirimu, Berhentilah Menyenangkan Semua Orang", mengungkap bahwa mengambil keputusan memang bukan hal gampang.

"Tentu akan menjadi semakin sulit bila rasa percaya dirinya tipis. Mereka mudah cemas, ragu, dan khawatir bila keputusan yang diambilnya akan menyulitkan diri sendiri dan orang lain," ungkap Sabrina melalui bukunya.

Baca Juga: Bikin Jengkel, 4 Zodiak Plin-plan Ini Terlalu Mudah Berubah Pikiran

Selain itu, Sabrina juga mengatakan bahwa orang yang mengambil keputusan juga kerap melibatkan orang lain. Itu terjadi karena mereka butuh masukan atau tak mampu mengambil keputusan sendiri.

Ilustrasi curhat. (Unsplash/Bewakoof)
Ilustrasi curhat. (Unsplash/Bewakoof)

"Entah untuk sekadar memberikan pandangan atau meminta orang lain untuk membantu masalahnya. Tapi tidak semua orang yang mengandalkan orang lain tidak bisa mengambil keputusan sendiri," terangnya.

Di samping itu, ia mengatakan bahwa pendapat orang lain dapat memengaruhi seseorang dalam bertindak. Hal tersebut karena ada orang yang memanfaatkan pendapat tersebut untuk menegaskan keputusannya, walau jalan yang dipilihnya terkesan egois.

Baca Juga: Percuma Buang Nafas, 5 Zodiak Ini Tidak Akan Dengarkan Pendapatmu

"Orang tersebut sebenarnya sudah mengambil keputusan dalam hatinya. Hanya saja ia butuh pendapat orang lain untuk mendukung keputusannya."

"Mengapa? Karena dukungan dari orang lain akan menegaskan bahwa keputusannya tepat. Maka jika terjadi apa-apa, pendapatnya bisa jadi tameng dari rasa bersalah yang seharusnya ia rasakan," imbuhnya.

Lebih parahnya, jika terjadi sesuatu dan merasa harus menutupi rasa bersalahnya, orang yang salah mengambil keputusan ini malah bakal melimpahkan tanggung jawabnya kepada orang lain.

Baca Juga: Kerap Menyesal, 5 Zodiak Ini Paling Gegabah Saat Mengambil Keputusan

"Ada juga orang yang selalu meminta pendapat dari orang lain, tapi setelah itu menyalahkan orang lain saat mengalami hal buruk," tandas Sabrina. (*Aflaha Rizal Bahtiar)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI