Dukung Generasi Muda Indonesia, Cinta Laura Gaungkan Gerakan #ActofLove

Cinta Laura mewujudkan kepeduliannya terhadap anak muda Indonesia lewat gerakan #ActofLove.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 15 Februari 2022 icon 11:07 WIB
Dukung Generasi Muda Indonesia, Cinta Laura Gaungkan Gerakan #ActofLove

Cinta Laura. (Suara.com/Revi Cofans Rantung)

Cinta Laura Kiehl, multi-talented entertainer yang telah lebih dari 15 tahun berkarya, mewujudkan kepeduliannya terhadap Indonesia dengan memprakarsai gerakan bernama #ActofLove #AoLKiehlers. Gerakan tersebut digaungkan pada momen penuh cinta, yakni gertepatan dengan hari kasih sayang yang jatuh pada tanggal 14 Februari.

Cinta Laura mengajak anak muda, khususnya Gen-Z dan Alpha, untuk menyebarkan positive values and actions di beberapa aspek kehidupan, khususnya pendidikan dan kehidupan bersosial, lewat gerakan #ActLove sebagai wujud cinta terhadap masa depan diri sendiri serta generasi muda Indonesia.

"Menurut saya, kondisi ini ibarat dua mata pedang. Teknologi memudahkan kita untuk terhubung satu sama lain, tapi sekaligus membuat dunia terasa semakin sempit. Meski mendatangkan banyak kemudahan, era modernisasi yang kita rasakan saat ini juga mempengaruhi mental anak muda, di mana ujaran kebencian, pelecehan, bullying, ketidakpedulian terhadap lingkungan dan kesenjangan sosial, membuat fenomena kejahatan semakin mudah dilakukan," ungkap Cinta Laura, dalam konferensi pers secara daring, Senin (14/2/2022) kemarin.

Baca Juga: Cinta Laura Pede Pakai Baju Gratisan, Penampilannya Sukses Jadi Sorotan

Melalui gerakan #ActofLove #AoLKiehlers, Cinta Laura ingin mengajak anak muda Indonesia menjadikan rasa CINTA landasan mereka melakukan berbagai hal sehingga dapat hidup harmonis dengan diri sendiri dan lingkungan sekitar.

Cinta Laura. (Suara.com/Revi Cofans Rantung)
Cinta Laura. (Suara.com/Revi Cofans Rantung)

Gerakan #ActOfLove #AoLKiehlers dibuat untuk mengingatkan serta mengajarkan anak muda tentang pentingnya mendasari segala aksi dari rasa cinta, termasuk mendukung satu sama lain untuk dapat maju dan berkembang menghadapi berbagai tantangan.

#ActofLove #AoLKiehlers mengusung beberapa tema yang relevan dan kontekstual dengan situasi yang dihadapi GenZ dan Alpha. Pengalaman Cinta Laura sebagai entertainer serta cerita hidupnya yang sempat menempuh pendidikan di luar negeri pun akan menjadi inspirasi yang bakal dibagikan dalam rangkaian gerakan #ActOfLove #AoLKiehlers.

Baca Juga: Karya Seniman Lokal, Masker Kece Cinta Laura Sukses Curi Atensi Warganet

Pendidikan merupakan salah satu fokus dari kegiatan #ActofLove #AoLKiehlers, khususnya memasuki industri 4.0. Sebagai alumni Columbia University yang lulus dengan predikat Cum Laude dalam 3 tahun, Cinta Laura melihat anak muda perlu mengadopsi Disruptive Learning agar bisa menjadi generasi yang highly adaptive dan mampu berkompetisi secara global. Dengan begitu, mereka bisa lebih percaya diri dan mampu menggali kemampuan diri untuk menghadirkan inovasi dan ide-ide kreatif yang membangun Indonesia.

Cinta Laura memaparkan, "Satu-satunya prinsip yang saya terapkan saat berkompetisi dengan mahasiswa dari berbagai belahan dunia saat itu adalah mindset bahwa saya sama dengan yang lainnya. Sebagai orang Indonesia, saya yakin bahwa kita semua memiliki skill set, kemampuan, dan potensi yang baik. Hal ini perlu dipertajam dengan metode belajar yang efektif dan mampu melihat suatu fenomena dengan perspektif yang luas dan beragam, salah satunya dengan menerapkan metode Disruptive Learning."

Melalui metode Disruptive Learning, lanjut Cinta Laura, generasi muda bisa memperluas metode belajar dari yang konvensional menjadi lebih relevan menggunakan perangkat teknologi yang kian canggih dan multimedia lainya.

Bukan hanya aspirasi semata, kepedulian Cinta tentang pendidikan anak-anak Indonesia sudah diwujudkan dengan membangun fasilitas pendidikan yang mumpuni di daerah Bogor. Gerakan #ActofLove kemudian diharapkan semakin memperluas jaringan dan semangatnya untuk terus mendukung pendidikan di Indonesia.

Gerakan besutan Cinta Laura ini juga menyentuh aspek lingkungan. Menurutnya, masalah lingkungan di Indonesia seperti minimnya fasilitas daur ulang, pengelolaan limbah yang perlu ditingkatkan, hingga kurangnya kesadaran akan gaya hidup berkelanjutan, perlu menjadi tanggungjawab bersama generasi muda saat ini.

Melalui gerakan #ActofLove #AoLKiehlers, Cinta Laura ingin menyebarkan kesadaran untuk menerapkan gaya hidup yang ramah terhadap bumi lewat konsep circular economy, yakni mendaur ulang produk untuk meminimalisir sampah dan conscious living atau gaya hidup mengonsumsi produk dengan penuh kesadaran.

Cinta berharap masyarakat bisa berpartisipasi melakukan circular economy dan conscious living active mindset, yakni kegiatan yang mempromosikan penggunaan kembali produk atau barang yang sudah dipakai.

"Sekarang saat yang tepat untuk kita semua mengubah gaya hidup, baik dari sisi konsumen maupun produsen. Untuk itu, mindset buy to waste perlu diubah menjadi circular economy dan conscious living active mindset, sehingga produk yang sudah dipakai bisa digunakan kembali menjadi barang dengan nilai yang baru," terangnya.

Baca Juga: Tetap Cantik di Usia 58 Tahun, Ibunda Cinta Laura Rupanya Punya Prinsip Ini

Cinta Laura mengaku tak mampu bekerja sendiri dalam menyebarkan dan mengaplikasikan #ActofLove #AoLKiehlers. Oleh karenanya, dia berharap generasi muda dapat menyambut baik gerakan ini, berpartisipasib dan mau menjadi bagian dari solidaritas positif di Indonesia. Harapannya, generasi bangsa ini bisa terus berprestasi dan menginspirasi dunia, juga hidup harmonis dengan alam sekitar yang akan menjadi rumah untuk generasi-generasi selanjutnya.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI