Ingin Ikut UMKM Idol? Begini Cara Daftarnya

UMKM Idol resmi diluncurkan, siap mencari UMKM dan tenaga sales terbaik di Indonesia

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 01 Mei 2022 icon 19:56 WIB
Ingin Ikut UMKM Idol? Begini Cara Daftarnya

Politeknik Bisnis Digital Praktisi dan Paper.id resmi meluncurkan acara UMKM Idol pada Rabu (27/4/2022) lalu. (Istimewa)

Politeknik Bisnis Digital Praktisi dan Paper.id resmi meluncurkan acara UMKM Idol pada Rabu (27/4/2022) lalu.

Acara dilaksanakan dengan konsep hybrid dan dihadiri oleh banyak pihak baik dari pemerintah maupun swasta seperti, Tedy Rusmawan (Ketua DPRD Kota Bandung), Mohammad Isnaeni (Kadiv Bank Syariah Indonesia), Febie Indrawan (Pimpinan Divisi UMKM Bank BJB), Evi Sulistiowati (Team Leader Pemberdayaan UMKM BRI Pusat), dan banyak lagi tokoh masyarakat lainnya.

UMKM Idol juga mendapatkan dukungan penuh dari sejumlah pihak seperti Menteri Kementerian Koperasi dan UKM, Teten Masduki, serta Pemerintah Daerah Jawa Barat.

Baca Juga: Kebanjiran Pesanan dari Bisnis Garmen, Cocok buat UMKM, nih!

"Pembukaan acara ini ditandai dengan dimulainya pendaftaran 1000 tim UMKM dan 1000 tim sales melalui laman resmi UMKM Idol di https://umkm-idol.ukmgo.co.id/," ungkap Listya Aisanya Illahi selaku ketua program UMKM Idol, dikutip dari rilis yang diterima Dewiku.com, belum lama ini.

Politeknik Bisnis Digital Praktisi dan Paper.id resmi meluncurkan acara UMKM Idol pada Rabu (27/4/2022) lalu. (Istimewa)
Politeknik Bisnis Digital Praktisi dan Paper.id resmi meluncurkan acara UMKM Idol pada Rabu (27/4/2022) lalu. (Istimewa)

UMKM Idol rencananya digelar selama 17 minggu mulai tanggal 27 April hingga 12 Agustus 2022 dengan konsep yang unik. Tim UMKM akan dipasangkan dengan tim sales. Setelah itu, mereka akan berkolaborasi untuk menjual produk UMKM asal Indonesia sebanyak mungkin. Nantinya, kinerja mereka akan dinilai oleh juri-juri terkemuka di bidangnya dan perkembangan hasil penilaian bakal ditampilkan dalam scoring board yang dapat diikuti masyarakat via laman UMKM Idol.

Tim UMKM dan sales yang telah lolos seleksi pendaftaran harus melalui 5 babak yaitu, seleksi dokumen untuk memilih 50 UMKM terbaik, pitching audition untuk memilih 25 UMKM terbaik, speed dating antara UMKM dan tim sales, battle round hingga grand final pada Agustus nanti, bertepatan dengan hari UKM Nasional.

Baca Juga: Produk UMKM Terlaris selama Pandemi Covid-19, Fashion Turut Mendominasi

Baca Juga: Keren Banget! 3 UMKM Fashion Lokal Siap Tembus Pasar Global

Para kesempatan yang sama, digelar sebuah talkshow yang membahas pentingnya digitalisasi pada bisnis UMKM. Narasumber ternama pun dihadirkan, di antaranya Siti Azizah sebagai Deputi Kewirausahaan Kementerian Koperasi & UKM, Reza Nasution selaku Professor Digital Business Strategy SBM ITB, dan Ronald Sipahutar, Country Manager Borong.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI