Mengenal Butterfly Hug, Memeluk Diri Sendiri demi Kesehatan Mental

Ada istilah bernama memeluk diri sendiri alias butterfly hug yang banyak digunakan sebagai salah satu terapi psikologis.

By: Rendy Adrikni Sadikin icon Kamis, 26 Januari 2023 icon 10:22 WIB
Mengenal Butterfly Hug, Memeluk Diri Sendiri demi Kesehatan Mental

Ilustrasi pasangan berpelukan. (Pexels/Vasyl Potochnyi)

Ada istilah bernama memeluk diri sendiri alias butterfly hug yang banyak digunakan sebagai salah satu terapi psikologis. Ya, manfaat memeluk diri sendiri terbilang banyak dan baik untuk kesehatan mental jika pelukan dilakukan dengan cara benar dan rutin.

Sebenarnya gerakan yang dilakukan dalam memeluk diri sendiri ini cukup sederhana, seperti ketika Anda memeluk orang yang Anda sayangi. Letakkan telapak tangan kanan di lengan atas bagian kiri, dan letakkan telapak tangan kiri di bagian dekat ketiak kanan.

Ilustrasi mencintai diri sendiri (Pexels/Designecologist)
Ilustrasi mencintai diri sendiri (Pexels/Designecologist)

Setelah mengambil posisi ini, Anda bisa memeluk diri Anda sendiri. Cara sederhana ini bisa memberikan rasa nyaman, seperti saat Anda memeluk orang yang Anda sayangi. Lagipula, diri Anda sendiri adalah orang yang harus Anda sayangi, kan?

Manfaat Memeluk Diri Sendiri

Apa saja manfaat memeluk diri sendiri? Dilansir dari Healthline, berikut beberapa di antaranya.

1. Mengurangi Rasa Sakit

Memeluk diri sendiri dapat mengurangi rasa sakit, baik fisik maupun psikis. Saat sensasi memeluk dirasakan, otak akan bekerja mengurangi kapasitas untuk memproses informasi, salah satunya intensitas rasa sakit yang terasa.

2. Membantu Anda Merasa Aman

Manfaat kedua adalah memberikan rasa aman dan nyaman. Memeluk diri sendiri dapat menghadirkan efek yang mirip dengan memeluk orang lain.

Rasa nyaman dan aman yang muncul memang tidak sebesar saat Anda memeluk orang yang disayangi. Namun sebagai langkah awal untuk menenangkan diri, Anda bisa mencobanya.

3. Meningkatkan Suasana Hati

Setelah hari yang panjang dan melelahkan, salah satu hal termudah yang bisa Anda lakukan adalah memeluk diri sendiri. Cara ini bisa membantu meningkatkan mood atau suasana hati menjadi lebih baik sehingga rasa lelah dapat sedikit berkurang.

Ilustrasi perempuan (pixabay/KELLEPICS)
Ilustrasi perempuan (pixabay/KELLEPICS)

4. Meningkatkan Rasa Sayang terhadap Diri Sendiri

Seperti sentuhan pada diri sendiri, rasa sayang pada diri sendiri juga dapat menurunkan tingkat kortisol dan meningkatkan kondisi tubuh secara umum. Pelukan untuk diri sendiri menjadi salah satu cara paling efektif untuk mendapatkan manfaat ini.

Ketika memiliki rasa sayang pada diri sendiri, Anda akan dapat meningkatkan kualitas diri dari waktu ke waktu. Lakukan hal produktif dan berguna untuk diri sendiri sehingga memberikan manfaat lain yang turut hadir dalam kehidupan Anda.

Sederet manfaat memeluk diri sendiri di atas bisa Anda dapatkan dengan cara yang terbilang mudah. Anda juga dapat membantu diri Anda sendiri lewat self talk atau berbicara dengan diri sendiri. Efeknya pun baik untuk tubuh dan pikiran Anda.

BERITA TERKAIT