Bikin Gagal Sehat! Jangan Kebanyakan Minum Air Kelapa Muda, Ini 5 Efek Sampingnya

Apa saja efek samping kebanyakan minum air kelapa muda? Berikut beberapa di antaranya.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 20 Juli 2023 icon 16:12 WIB
Bikin Gagal Sehat! Jangan Kebanyakan Minum Air Kelapa Muda, Ini 5 Efek Sampingnya

Ilustrasi perempuan minum air kelapa muda (Pexels/Mikhail Nilov)

Salah satu minuman menyegarkan yang disukai banyak orang adalah air kelapa muda. Minuman ini juga kaya nutrisi dan memiliki rasa manis alami.

Walau begitu, terlalu banyak minum air kelapa muda rupanya bisa menyebabkan beberapa efek samping yang juga perlu diperhatikan. Apa saja efek samping yang mungkin ditimbulkan?

Efek Pencernaan

Baca Juga: 6 Resep Minuman untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi, Jus Segar yang Rasanya Nggak Pahit

Air kelapa muda mengandung serat alami yang umumnya baik untuk sistem pencernaan. Hanya saja, jika dikonsumsi berlebihan, serat tersebut dapat menyebabkan efek negatif seperti diare atau kembung.

Ilustrasi minuman air kelapa muda (Pexels/Lina Kivaka)
Ilustrasi minuman air kelapa muda (Pexels/Lina Kivaka)

Oleh karenanya, disarankan untuk membatasi konsumsi air kelapa muda supaya tetap seimbang dengan konsumsi serat dari sumber makanan lain.

Kandungan Kalium yang Berlebihan

Baca Juga: Resep Beef Bulgogi yang Praktis, Enak dan Sehat: Keluarga Pasti Lahap Makannya

Air kelapa muda juga kaya kalium. Ini merupakan mineral penting yang berperan dalam keseimbangan cairan dan fungsi otot. Walau demikian, jika dikonsumsi berlebihan, tingginya asupan kalium malah bisa menyebabkan gangguan pada keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

Kondisi ini tentu berbahaya, terutama bagi individu dengan gangguan fungsi ginjal. Tubuh mungkin jadi tak mampu mengeluarkan kalium dengan efisien.

Efek pada Kesehatan Ginjal

Kendati air kelapa muda mempunyai sifat diuretik yang ringan dan dapat membantu mengeluarkan racun dari tubuh, konsumsi berlebihan bisa membebani ginjal.

Individu dengan masalah ginjal yang sudah ada, lebih baik berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi air kelapa muda dalam jumlah banyak.

Berat Badan

Air kelapa muda adalah minuman rendah kalori dan lemak sehingga banyak orang menganggapnya sebagai pilihan sehat untuk membantu menurunkan berat badan.

Padahal, kebanyakan minum air kelapa muda juga dapat menyebabkan asupan kalori berlebih yang kemudian justru menghambat usaha penurunan berat badan.

Kandungan Gula Berlebihan

Efek samping kebanyakan minum air kelapa muda berikutnya adalah asupan gula yang tinggi. Walaupun gula dalam air kelapa muda adalah gula alami, jumlahnya tetap tinggi.

Kalau dikonsumsi secara berlebihan, itu bisa menyebabkan kenaikan gula darah yang berpotensi berbahaya bagi penderita diabetes atau individu dengan resistensi insulin.

Baca Juga: Kue Bikinannya Enak dan Renyah, Nicky Tirta Bongkar Rahasianya

Itulah ulasan singkat mengenai efek samping kebanyakan minum air kelapa muda. Walau air kelapa muda kaya manfaat, penting untuk tetap mengonsumsinya dengan bijak. 

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI