5 Luka Inner Child yang Bisa Merusak Hubungan Asmara, Apakah Anda Mengalaminya?

Ada beberapa luka inner child yang dapat memengaruhi seseorang dalam menjalani hubungan asmara. Apa saja?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 18 Agustus 2023 icon 18:17 WIB
5 Luka Inner Child yang Bisa Merusak Hubungan Asmara, Apakah Anda Mengalaminya?

Ilustrasi pasangan sedang bersedih. (Unsplash/Niki Sanders)

Pengalaman buruk di masa kecil sangat mungkin berpengaruh pada berbagai keputusan yang Anda miliki setelah dewasa. Luka inner child yang tidak kunjung sembuh pun dapat berdampak pada hubungan asmara.

Bagaimana kondisi tersebut bisa terjadi? Apa yang membuat luka batin masa kanak-kanak bisa membuat hubungan cinta jadi lebih rawan kandas?

Dampak Luka Inner Child pada Hubungan Asmara

Baca Juga: Ketahui 7 Ciri Cowok Green Flag, Sikap Dewasanya Bikin Bahagia Lahir Batin

Dikutip dari Times of India, berikut adalah berbagai dampak luka batin anak yang belum sembuh pada hubungan asmara Anda.

Ilustrasi Pasangan di Mobil (Pexels/Rachel Claire)
Ilustrasi pasangan di mobil (Pexels/Rachel Claire)

Posesif

Mengalami berbagai pengabaian selama masa kanak-kanak sering kali membikin orang dewasa takut ditinggalkan atau diabaikan pasangan.

Baca Juga: 4 Zodiak Paling Dominan dalam Hubungan Asmara, Bisa Jadi Submisif saat Bercinta?

Ketakutan ini kemudian akan membuat mereka menjadi terlalu tergantung pada pasangan hingga bertindak sangat posesif. Mereka sering kali tak hentinya mempertanyakan seberapa penting kehadiran mereka dalam hidup pasangan sehingga merasa aman karena yakin tidak akan ditinggalkan.

Rendah diri

Pengalaman penolakan pada masa kanak-kanak yang mencakup perasaan tak dicintai atau tidak diinginkan, juga dapat meninggalkan luka emosional yang mendalam.

Saat dewasa, perasaan tersebut kerap berubah menjadi rasa rendah diri. Kondisi ini akan membuat Anda terus-menerus mencari validasi dan persetujuan pasangan atas hal apa pun yang Anda lakukan.

Sulit mempercayai orang lain

Dampak luka inner child pada hubungan asmara saat dewasa berikutnya adalah sulit membangun kepercayaan. Dalam kondisi tertentu, kecenderungan ini sebenarnya merupakan hal yang bagus.

Namun jika berlebihan, orang-orang akan merasa risih berada di sekitar Anda karena merasa ketulusannya tidak dihargai. Kondisi ini sering kali malah membikin hubungan Anda merenggang.

Sulit menerima cinta

Pengabaian emosional selama masa kanak-kanak bisa menyebabkan seseorang merasa tak berdaya dan tidak berharga. Saat dewasa, kondisi ini kerap membuat seseorang tak layak menerima cinta dan perhatian dalam hubungan.

Akibatnya, seseorang dengan jenis luka batin ini sering menjalani hubungan dengan orang yang salah karena percaya bahwa dirinya tak berhak menerima kebaikan.

Terlalu tertutup

Luka inner child yang belum terobati juga dapat membuat seseorang menjadi terlalu tertutup. Padahal salah satu kunci hubungan yang sehat adalah keterbukaan dalam komunikasi.

Baca Juga: 5 Tanda Pria Belum Ngelupain Melupakan Mantan, Jangan Sampai Kecolongan

Oleh karenanya, penting untuk berdamai dengan masa lalu terlebih dahulu sebelum memulai hubungan apa pun. Setidaknya, Anda bisa memberitahu pasangan tentang apa yang Anda alami di masa lalu.

BERITA TERKAIT