10 Manfaat Kencur yang Jarang Diketahui, Ternyata Bisa untuk Perawatan Kulit

Apa saja manfaat kencur yang terkenal sebagai bumbu pamungkas hidangan seblak ini?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 20 Agustus 2023 icon 11:29 WIB
10 Manfaat Kencur yang Jarang Diketahui, Ternyata Bisa untuk Perawatan Kulit

Ilustrasi kencur. (Pixabay/Kirsi Alastalo)

Kencur merupakan tumbuhan rempah yang telah lama dikenal dan digunakan dalam pengobatan tradisional di berbagai negara, terutama Asia Tenggara. Kencur punya rimpang kaya senyawa-senyawa bioaktif yang membuatnya memiliki banyak manfaat kesehatan.

Kencur juga jadi bumbu dapur andalan dalam banyak masakan, salah satunya makanan khas Bandung, seblak. Merangkum berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa manfaat kencur untuk kesehatan:

1. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Baca Juga: Inilah 7 Manfaat Glycolic Acid untuk Perawatan Kecantikan, Bikin Glowing dan Awet Muda

Kandungan zat-zat seperti polifenol dan vitamin C yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Konsumsi kencur secara teratur bisa membuat tubuh lebih tahan terhadap paparan infeksi dan penyakit.

Sajian seblak khas Bandung (Unsplash/R Eris Prayatama)
Sajian seblak khas Bandung (Unsplash/R Eris Prayatama)

2. Meredakan gangguan pencernaan

Kencur telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk meredakan berbagai masalah pencernaan seperti mual, muntah, dan kembung.

Baca Juga: 2 Hal yang Perlu Dipertimbangkan saat Memilih Body Serum, Apa Saja?

Senyawa-senyawa aktif yang terkandung dalam kencur membantu merangsang produksi enzim pencernaan, memperbaiki proses pencernaan, dan mengurangi gejala gangguan pencernaan.

3. Pereda nyeri alami

Kencur punya sifat analgesik alami yang dapat membantu meredakan nyeri, baik pada sendi, otot, maupun sakit kepala. Ekstrak kencur juga kerap digunakan dalam salep atau minyak pijat guna membantu meredakan nyeri dan mempercepat proses penyembuhan.

4. Menyehatkan saluran pernapasan

Sifat ekspektoran dan bronkodilator pada kencur membuat rempah ini mampu membantu meredakan gejala gangguan pernapasan seperti batuk, pilek, dan sinusitis. Kencur juga bisa membantu melegakan saluran udara dan memfasilitasi pernapasan yang lebih baik.

5. Meningkatkan fungsi dan kinerja otak

Senyawa turmerone dalam kencur berpotensi meningkatkan fungsi otak dan melindungi otak dari kerusakan oksidatif. Inilah mengapa kencur bisa berkontribusi pada kesehatan kognitif dan mencegah penyakit neurodegeneratif seperti alzheimer.

6. Menurunkan kolesterol

Beberapa penelitian awal menunjukkan bahwa kencur membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Senyawa aktif yang terkandung dalam rempah ini akan membantu mengatur metabolisme lemak dan mengurangi penyerapan kolesterol dari makanan.

7. Mengatasi masalah pencernaan

Kencur bisa dipakai untuk membantu mengatasi masalah pencernaan seperti mual, kembung, dan diare. Senyawa-senyawa aktif dalam kencur punya efek menenangkan pada saluran pencernaan dan membantu mengurangi gejala ketidaknyamanan.

8. Mengurangi nyeri haid

Kencur juga terkenal bisa membantu mengurangi gejala menstruasi seperti nyeri perut dan kram. Senyawa-senyawa pada rempah ini akan membantu meredakan ketegangan otot dan mengurangi kekakuan di area perut.

9. Baik untuk kesehatan kulit

Kencur juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan kulit. Senyawa-senyawa aktif dalam kencur punya sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat membantu meredakan iritasi kulit, jerawat, dan kondisi kulit lainnya.

10. Anti-inflamasi dan antioksidan

Kencur mengandung senyawa seperti flavonoid, gingerol, dan turmerone. Punya sifat anti-inflamasi dan antioksidan, senyawa ini dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh dan mengurangi peradangan sehingga berperan dalam mencegah penyakit kronis seperti arthritis dan penyakit jantung.

Baca Juga: Lingkaran Hitam di Bawah Mata Memang Menyebalkan, Begini Cara Menghilangkannya

Itulah beberapa manfaat kencur untuk kesehatan.  Walau begitu, penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakannya secara ekstensif, terutama jika Anda punya  kondisi medis atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI