6 Doa Melupakan Seseorang di Masa Lalu, Begini Cara Move On sesuai Ajaran Islam

Ingin bisa melupakan seseorang di masa lalu supaya dapat menata masa depan dengan lebih baik? Berikut doa yang bisa dipanjatkan.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 20 Agustus 2023 icon 18:18 WIB
6 Doa Melupakan Seseorang di Masa Lalu, Begini Cara Move On sesuai Ajaran Islam

Perempuan berhijab. (Unsplash/Ifrah Akhter)

Tak mudah melupakan seseorang di masa lalu. Walau begitu, adalah banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengupayakannya, salah satunya menggunakan bacaan doa sesuai ajaran Islam.

Selain melakukan berbagai tindakan, memanjatkan doa memang semestinya menjadi salah satu hal yang Anda lakukan ketika ingin mencapai suatu hal, termasuk melupakan seseorang.

Doa Melupakan Seseorang di Masa Lalu sesuai Ajaran Islam

Baca Juga: Belajar Memaafkan Masa Lalu, Kamu Akan Merasakan 3 Kebaikan Ini

Pada dasarnya, tak ada doa yang secara khusus bisa dipanjatkan untuk melupakan seseorang di masa lalu. Meski begitu, ada berbagai doa yang bisa Anda baca untuk memantapkan hati dan meminta pertolongan pada Allah SWT supaya rencana Anda dilancarkan.

Ilustrasi perempuan berhijab. (Unsplash/ilham akbar fauzi)
Ilustrasi perempuan berhijab. (Unsplash/ilham akbar fauzi)

Berikut adalah beberapa doa yang bisa Anda lafalkan saat ingin melupakan seseorang di masa lalu sesuai ajaran Islam.

Bacaan doa pertama

Baca Juga: Refleksi Masa Lalu dan Masa Depan, Ketahui Arti Mimpi Menyanyi

Ya muqallibal qulub trasbbit qalbi'ala dinika

Artinya: Wahai Dzat yang maha membolak-balikkan hati, tetapkanlah hatiku di atas agama-Mu (HR. Al-Nasai)

Bacaan doa kedua

Rabbana la tuzigh qulubana ba'da idz hadaitana wahablana min ladunka rahmatan innaka antalwahhab

Artinya: Ya Tuhan kami, janganlah Kau jadikan hati kami condong pada kesesatan sesudah Kau beri petunjuk kepada kami, karuniakanlah pada kami rahmat dari sisi-Mu, karena sesungguhnya Kau-lah Maha-Pemberi (karunia). (QS Ali Imran 8)

Bacaan doa ketiga

Allahumma inni a’udzubika minal hammi wal hazan, wa a’udzubika minal’ajzi wal kasal, wa a’udzubika minal jubni wal bukhli, wa a’udzubika min gholabatid-daini wa qahrir-rijaal

Artinya: Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari rasa dada sesak dan gelisah, dan aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan, dan aku berlindung kepada-Mu dari sifat pengecut dan kikir, dan aku berlindung kepada-Mu dari belenggu hutang dan tekanan manusia.

Bacaan doa keempat

Yamhullahu ma yasau wa yusbit wa indahu ummul kitab

Artinya: Allah menghapuskan apa yang Dia kehendaki dan menetapkan apa yang Dia kehendaki, dan di sisi-Nya-lah terdapat Ummul Kitab.

Bacaan doa kelima

Wabas-syiril-ladziina aamanuu wa’amilyysh-shaalihaati anna lahum jannaatin tajri min tahtihaal anhaaru kullamaa ruziquu minhaa min tsamaratin rizqan qaaluu hadzaal-ladzii ruziqnaa min qablu wautuu bihi mytasyaabihan walahum fihaa azwaajun muthahharatun wahum fihaa khalidun

Artinya: Dan sampaikanlah kabar gembira, pada mereka yang beriman serta berbuat baik, bahwa bagi mereka telah disediakan surga-surga, yang mengalir sungai-sungai di dalamnya. Setiap mereka diberi rejeki buah-buahan dalam surga-surga itu, mereka mengatakan: “Inilah yang pernah diberikan pada kamu dulu (di dunia)”. Mereka diberi buah-buahan serupa dan untuk mereka di dalamnya ada istri-istri yang suci, dan mereka kekal di dalamnya. (QS, 2:25)

Bacaan doa keenam

Wamin aayaatihi an khalaqa lakum min anfusikum zawaajan litaskunuu ilaihaa waja’ala bainakum mawaddatan warahmatan inna fii dzalika li-aayatin liqaumin yatafakkaruun.

Artinya: Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya, ialah Ia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu, benar-benar ada tanda-tanda bagi kamu yang berpikir (QS. 30: 21)

Baca Juga: Si Dia Mudah Mendendam? Ini 5 Alasan Pasangan Suka Mengungkit Masa Lalu

Itulah sejumlah bacaan doa melupakan seseorang di masa lalu yang dapat Anda panjatkan. Semoga bisa bermanfaat!

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI