Jangan Abaikan 5 Tanda Self Gaslighting, Mau Sampai Kapan Selalu Menyalahkan Diri Sendiri?

Ada berbagai tanda self gaslighting yang jarang disadari. Waspadai beberapa perilaku berikut ini.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 21 Agustus 2023 icon 11:59 WIB
Jangan Abaikan 5 Tanda Self Gaslighting, Mau Sampai Kapan Selalu Menyalahkan Diri Sendiri?

Ilustrasi perempuan sedih karena jadi korban selingkuh. (Unsplash/Riccardo Mion)

Bukan tak mungkin Anda menjadi korban gaslighting oleh diri Anda sendiri. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui dan memahami apa saja tanda self gaslighting.

Gaslighting diri sendiri merupakan bentuk pelecehan atau manipulasi emosional di mana seseorang memanipulasi pikiran atau emosi mereka sendiri. Merangkum Times of India, inilah berbagai tanda self-gaslighting yang jarang disadari.

1. Selalu meragukan diri sendiri

Baca Juga: Orang tua, Coba 4 Aktivitas Ini Agar Perkembangan Emosi Anak Usia Dini Optimal!

Jika Anda mendapati diri Anda kerap mempertanyakan penilaian, keputusan, dan perasaan Anda sendiri, sering menganggapnya tak valid, ketahuilah bahwa itu adalah bentuk self gaslighting. Tanda lainnya termasuk meragukan ingatan Anda atau sering kebingungan tentang apa yang sebenarnya terjadi.

Perempuan sedih. (Unsplash/Aricka Lewis)
Perempuan sedih. (Unsplash/Aricka Lewis)

2. Meremehkan perasaan dan emosi Anda sendiri

Anda mungkin tanpa sadar kerap meremehkan atau menyangkal perasaan Anda sendiri, menyebutnya tak rasional, dan meyakinkan diri sendiri bahwa reaksi Anda berlebihan terhadap suatu hal. Anda mungkin juga suka berkata pada diri sendiri bahwa Anda cuma kelewat bodoh atau terlalu sensitif.

Baca Juga: Waspadai Orang yang Namanya Berawalan 5 Huruf Ini, Disebut Kasar dan Menyebalkan

3. Selalu berpikir bahwa Anda salah

Sering merasa orang yang salah adalah Anda saat terjadi masalah? Orang-orang yang self gaslighting cenderung minta maaf secara berlebihan, bahkan meski itu bukan kesalahan mereka. Mereka takut telah melakukan kesalahan atau menyebabkan hasil yang buruk.

Ironisnya, entah bagaimana, selalu saja ada cara untuk menyalahkan diri sendiri atas situasi apa pun. Anda bahkan mungkin saja sampai rela mengambil tanggung jawab atas tindakan atau emosi orang lain.

4. Selalu meragukan kemampuan diri sendiri

Sering menemukan diri Anda meragukan potensi dan kemampuan sendiri serta selalu berpikir Anda tidak cukup baik? Artinya, Anda berada dalam siklus gaslighting.

Waspada juga jika Anda sangat bergantung pada pendapat dan validasi orang lain untuk menentukan harga diri Anda hingga mengabaikan naluri atau intuisi Anda sendiri. Anda meyakinkan diri sendiri bahwa kebutuhan Anda tak penting karena Anda bukan orang yang berharga.

5. Terjebak masa lalu

Tanda self gaslighting lainnya adalah ketidakmampuan untuk beranjak dari masa lalu. Anda mungkin sering menemukan diri sendiri terjebak dalam siklus "semestinya" melakukan ini atau itu.

Baca Juga: Cara Mengelola Emosi Negatif, Simak Tips Berikut Ini!

Anda tak hentinya bertanya-tanya apakah situasinya bakal jauh lebih baik jika Anda memilih jalan berbeda di masa lalu.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI