7 Makanan Kaya Antosianin, Ubi Ungi hingga Bunga Telang

Konsumsi makanan kaya antosianin bisa memberikan berbagai manfaat kesehatan. Berikut beberapa makanan kaya antosianin yang direkomendasikan.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 21 Agustus 2023 icon 11:20 WIB
7 Makanan Kaya Antosianin, Ubi Ungi hingga Bunga Telang

Ilustrasi bunga telang (Pixabay/Ikutrame_Channel)

Tak hanya memberi warna nan cantik pada buah dan sayuran, antosianin juga termasuk dalam senyawa antioksidan yang dibutuhkan tubuh. Ada berbagai makanan yang kaya antosianin dan gampang ditemukan jika Anda ingin mengonsumsinya.

Makanan Kaya Antosianin

Dikutip dari Healthline, inilah beberapa makanan yang kaya akan kandungan antosianin. Ada apa saja?

Baca Juga: Meningkatkan Mood, 6 Makanan Ini Cocok Dinikmati pada Malam Hari

Ilustrasi ubi ungu (Pixabay/auntmasako)
Ilustrasi ubi ungu (Pixabay/auntmasako)

1. Ubi ungu

Jenis ubi satu ini sudah lama dikenal sebagai sumber antosianin. Antosianin di sini bertugas sebagai pemberi warna ungu pada ubi dan mempunyai efek antioksidan.

Efek antioksidan itulah yang kemudian berperan dalam membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas serta mendukung kesehatan jantung.

Baca Juga: Bikin Lebih Bahagia, 7 Asupan Ini Bagus untuk Meningkatkan Suasana Hati

2. Bunga telang

Bunga telang juga termasuk bahan makanan tinggi antosianin yang juga bisa dipakai untuk memberikan warna biru alami pada makanan.

Dengan mengolah bunga telang sebagai minuman, Anda akan mendapat manfaat antosianin untuk membantu melawan inflamasi dan menjaga integritas sel-sel tubuh.

3. Stroberi

Stroberi termasuk salah satu buah yang mengandung antosianin. Konsumsi buah ini akan membantu menjaga kesehatan kulit dan melindungi sel-sel dari kerusakan.

Keberadaan antosianin sebagai senyawa yang bersifat antioksidan pada buah stroberi juga dapat membantu mengurangi risiko peradangan.

4. Anggur Merah

Bukan daging buahnya, antosianin pada anggur merah justru ada di bagian kulit. Senyawa ini diketahui punya efek positif bagi kesehatan jantung serta membantu menjaga sirkulasi darah.

5. Jagung Ungu

Makanan kaya antosianin selanjutnya adalah jagung ungu. Tak cuma mengenyangkan, konsumsi jagung ungu juga membantu melawan stres oksidatif dan mendukung kesehatan mata berkat kandungan antosianinnya.

6. Belimbing

Buah belimbing rupanya juga mengandung antosianin yang membantu melawan radikal bebas dan menjaga integritas sel-sel tubuh. Antosianin akan membantu menjaga kesehatan kulit dan sistem imun.

7. Labu merah

Baca Juga: Tips Awet Muda, Berikut 5 Makanan yang Meningkatkan Produksi Kolagen

Dengan rutin mengonsumsi labu merah, Anda bisa mendapatkan ketahanan tubuh yang cukup baik. Kandungan antosianin juga baik untuk kesehatan jantung.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI