5 Masalah Ini Sering Bikin Pernikahan di Ujung Tanduk, Jangan Diabaikan!

Cinta saja tidak cukup untuk mempertahankan pernikahan. Jangan remehkan beberapa masalah yang membahayakan rumah tangga.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 20 Agustus 2023 icon 21:07 WIB
5 Masalah Ini Sering Bikin Pernikahan di Ujung Tanduk, Jangan Diabaikan!

Ilustrasi Pasangan Bertengkar (Pexels/Kampus Production)

Kini perceraian bukan lagi solusi tabu ketika pasangan suami istri merasa tak sanggup lagi bertahan dalam pernikahan tak bahagia. Ada banyak masalah yang bisa membuat pasangan memutuskan untuk menyerah.

Melansir Times of India, berdasarkan studi Psychosomatic Medicine di tahun 2015, sekitar 40% pernikahan berakhir dengan perceraian. Faktor apa saja yang menyebabkan pernikahan menjadi begitu rentan kandas di tengah jalan?

1. Kurangnya cinta

Baca Juga: Ini 5 Alasan Perceraian Paling Aneh, Ada yang Awalnya Ribut soal Film Frozen

Apakah Anda masih rajin atau setidaknya sesekali mengungkapkan cinta kepada pasangan setelah menikah? Banyak pasangan yang kerap melupakan hal ini. Siapa sangka, itu bisa menjadi salah satu perkara yang memicu perceraian.

Menurut sebuah studi tahun 2020 dalam Journal of Sex & Marital Therapy, berdasarkan survei terhadap 2.371 kasus perceraian, hampir setengahnya menyalahkan kurangnya cinta dan keintiman.

Ilustrasi perceraian. (Pixabay/Free-Photos)
Ilustrasi perceraian. (Pixabay/Free-Photos)

2. Kebutuhan yang berbeda di kamar tidur

Baca Juga: Wanita Ini Belum Pernah Dengar Pernyataan Cinta Suami, Padahal Sudah Menikah 25 Tahun

Kadang-kadang, seiring berjalannya waktu, pasangan sangat mungkin punya kebutuhan berbeda di kamar tidur. Salah satu masalah yang paling sering terjadi dan bisa berujung cerai adalah ketidakcocokan seksual.

3. Perselingkuhan dan pengkhianatan

Kasus perselingkuhan juga telah menghancurkan banyak pernikahan. Selingkuh merupakan langkah cepat menuju kehancuran rumah tangga. Hilangnya kepercayaan setelah dikhianati pasangan jelas bukan perkara sepele.

4. Menghina atau meremehkan pasangan

Tak ada orang yang benar-benar sempurna. Ketika memantapkan niat menikah, Anda pun harus menerima pasangan dengan segala kekurangannya.

Hanya saja, masalah muncul saat Anda mulai melihat pasangan sebagai seseorang yang levelnya di bawah Anda. Hinaan yang Anda lontarkan atau bahkan cuma diungkapkan lewat tatapan mata nyatanya juga bisa berujung pada perceraian.

5. Adanya pelecehan

Pelecehan tak cuma bisa dilakukan secara fisik, melainkan juga psikologis. Bentuk pelecehan emosional dapat berupa gaslighting, playing victim, marah-marah, hingga tak bertanggung jawab sebagai pasangan sah.

Baca Juga: Bijaksana dan Elegan, Ini Tips bagi Anda yang Ingin Hadapi Pelakor

Ketika seseorang menyadari bahwa hal-hal negatif itu tak hentinya terjadi dalam pernikahan, orang itu mungkin saja mantap melayangkan gugatan cerai.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI