Jarang Diketahui, Ternyata Ini 8 Manfaat Mandi Air Garam

Ada banyak manfaat mandi air garam yang mungkin masih jarang diketahui. Apa saja khasiatnya?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 21 Agustus 2023 icon 16:08 WIB
Jarang Diketahui, Ternyata Ini 8 Manfaat Mandi Air Garam

Ilustrasi mandi. (Unsplash/Mitchell Orr)

Mandi pakai air garam sudah sejak lama disebut-sebut bisa memberikan beragam manfaat kesehatan, khususnya kulit. Salah satu jenis garam yang paling sering digunakan adalah epsom karena kualitasnya juga dikenal lebih bagus.

Tertarik untuk mencoba mandi dengan air garam setelah melalui hari yang melelahkan? Apa saja manfaat mandi air garam bagi kesehatan?

Merangkum Edens Garden, di bawah ini adalah berbagai manfaat yang bisa didapatkan dengan mandi pakai air garam.

Baca Juga: 10 Manfaat Kencur yang Jarang Diketahui, Ternyata Bisa untuk Perawatan Kulit

Ilustrasi garam laut. (Unsplash/Jason Tuinstra)
Ilustrasi garam laut. (Unsplash/Jason Tuinstra)

1. Relaksasi otot

Mandi dengan air garam akan memberikan manfaat relaksasi otot yang signifikan. Air garam mengandung mineral seperti magnesium yang dikenal punya efek menenangkan pada otot-otot tubuh.

Saat tubuh direndam dalam air garam, mineral itu diserap melalui kulit. Ini akan membantu mengurangi ketegangan otot akibat aktivitas fisik yang berlebihan atau stres. 

Baca Juga: Ketahui 7 Manfaat Nanas yang Kaya Nutrisi, Bagus untuk Kecantikan Kulit

2. Mengurangi stres dan kecemasan

Ketika merendam tubuh dalam air hangat yang mengandung garam, tubuh akan mengalami efek relaksasi yang kemudian membantu meredakan ketegangan pikiran dan tubuh

Garam punya kemampuan untuk meningkatkan produksi serotonin dalam otak, yakni zat kimia alami yang membantu mengurangi perasaan cemas dan meningkatkan suasana hati.

3. Menghaluskan kulit

Air garam juga punya khasiat eksfoliasi alami yang dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dari permukaan kulit. 

Saat digunakan untuk mandi, butiran-butiran garam yang halus membantu menggosok permukaan kulit dan menghilangkan sel-sel kulit mati. Proses ini pada akhirnya akan mendorong regenerasi sel kulit baru. Kulit jadi terasa lebih lembut dan halus.

4. Menyembuhkan luka, termasuk luka bakar

Berkat sifat antiseptiknya, mandi pakai air garam juga bermanfaat membantu proses pembersihan dan penyembuhan pada luka di kulit. Garam akan membantu membersihkan area sekitar luka dengan cara membunuh bakteri dan mencegah infeksi. 

5. Mengurangi peradangan

Kandungan mineral seperti magnesium dan sulfat, membuat air garam punya efek antiinflamasi yang membantu mengurangi peradangan pada kulit dan persendian.

Peradangan kulit bisa disebabkan berbagai kondisi seperti eksim, psoriasis, atau jerawat. Mandi pakai air garam bisa membantu meredakan kemerahan dan pembengkakan pada kulit.

6. Meningkatkan sirkulasi darah

Mandi air garam bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Saat berendam dalam air hangat, pembuluh darah akan melebar, memungkinkan aliran darah yang lebih baik ke seluruh tubuh.

Hal ini kemudian membantu meningkatkan kinerja jantung maupun sistem kardiovaskular secara keseluruhan.

7. Mengatasi sinusitis

Manfaat mandi pakai air garam berikutnya yakni memberi efek dekongestan alami yang membantu membuka saluran pernapasan.

Mandi dengan air garam akan membantu membersihkan lendir yang menghalangi sinus. Inilah kenapa mandi air garam dikatakan bisa meredakan gejala sinusitis seperti hidung tersumbat atau sakit kepala.

8. Melembapkan kulit

Garam mampu membantu menarik kelembapan ke permukaan kulit. Itulah mengapa mandi dengan air garam membantu menjaga kelembapan alami kulit.

Baca Juga: Inilah 7 Manfaat Glycolic Acid untuk Perawatan Kecantikan, Bikin Glowing dan Awet Muda

Dengan demikian, kulit menjadi tidak mudah kering dan pecah-pecah. Kulit pun terasa lebih lembut, kenyal, dan tentunya sehat. 

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI