Hari Baik untuk Potong Kuku dalam Islam, Berkahnya Hanya Setiap Jumat?

Ada hari baik untuk memotong kuku menurut hukum Islam? Apakah hanya sepekan sekali setiap hari Jumat?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 21 Agustus 2023 icon 15:16 WIB
Hari Baik untuk Potong Kuku dalam Islam, Berkahnya Hanya Setiap Jumat?

Ilustrasi kuku sehat. (Unsplash/Roman Kraft)

Dalam agama Islam, ada berbagai tata cara dan aturan tertentu yang harus diikuti dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah perkara memotong kuku

Potong kuku adalah tindakan sederhana, tapi punya makna mendalam. Dalam hukum Islam, ada beberapa hari yang dianggap baik untuk melaksanakan kegiatan ini, yaitu berdasarkan sunnah Nabi Muhammad SAW dan nasihat para ulama.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah memotong kuku secara teratur dan menjaga kebersihannya supaya tetap sehat dan terhindar dari kuman. 

Baca Juga: Biar Tidak Rapuh, Berikut 4 Tips Merawat Kuku saat Cuaca Dingin

Ilustrasi perawatan kuku. (Pixabay/free stock photos from www.picjumbo.com)
Ilustrasi perawatan kuku. (Pixabay/free stock photos from www.picjumbo.com)

Menurut hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, "Lima perkara merupakan fitrah (sifat wajib) yaitu mencukur kumis, memotong kuku, mencukur rambut kemaluan, mencabut bulu ketiak dan memotong bulu kemaluan." (HR. Bukhari-Muslim)

Lantas, kapan waktu terbaik untuk memotong kuku menurut ajaran Islam? Terdapat berbagai pendapat dari para ulama, tapi pada dasarnya, tak ada batasan khusus mengenai hari tertentu. Namun, ada beberapa saran yang bisa diikuti oleh umat Islam untuk memilih waktu paling tepat.

Jumat

Baca Juga: Jadi Produk Terlaris di Indonesia, Cat Kuku Ini Sukses Raih Rekor MURI

Beberapa hadis menyebutkan bahwa Rasulullah SAW kerap memotong kuku di hari Jum'at, salah satunya dalam hadis yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik.

Namun, perlu dicatat bahwa sumber ini masih diperdebatkan mengenai keasliannya. Jadi, disarankan bagi umat Islam untuk memotong kuku di hari-hari lain kalau memungkinkan.

Selasa dan Kamis

Menurut beberapa riwayat hadis, memotong kuku pada Selasa dan Kamis juga sunnah. Hal ini berdasarkan hadis riwayat Abu Dawud yang menyatakan bahwa Rasulullah SAW memotong kuku di dua hari tersebut.

Kalau susah menentukan waktu tertentu, lebih baik memotong kuku secara teratur setiap beberapa pekan sekali untuk menjaga kebersihan dan kesehatannya.

Walau demikian, penting diingat bahwa tak ada sanksi atau hukuman dalam Islam jika seseorang tidak bisa atau melupakan untuk memotong kuku pada waktu-waktu tertentu. Hal ini adalah kebaikan sunnah yang dianjurkan untuk diikuti, tapi tak diwajibkan.

Beberapa ulama menyarankan untuk tak memotong kuku pada malam Jumat. Sebab, ada hadis yang menyatakan bahwa setan akan mendatangi orang yang melakukannya.

Baca Juga: Biar Nggak Gampang Patah, Perhatikan 9 Hal Ini sebelum Memanjangkan Kuku

Selain itu, setiap amalan dalam Islam mesti dilakukan dengan niat tulus dan mengikuti sunnah Nabi Muhammad SAW. Memotong kuku secara teratur adalah tindakan kebersihan dan menjaga penampilan diri sesuai ajaran Islam. 

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI