5 Cara Menerapkan Frugal Living, Hidup Super Hemat tapi Bukan Pelit

Apa itu frugal living yang belakangan viral di media sosial? Bagaimana cara melakukannya?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 01 September 2023 icon 15:52 WIB
5 Cara Menerapkan Frugal Living, Hidup Super Hemat tapi Bukan Pelit

Ilustrasi mengatur keuangan (Pexels/Karolina Grabowska)

Apakah kamu pernah menganggap seseorang sangat pelit, bahkan untuk kebutuhan dasarnya sehari-hari? Mungkin orang tersebut memang tengah menerapkan gaya hidup frugal living.

Jika kamu ingin mengikuti gaya hidup tersebut, bagiamana caranya? Apakah hanya perlu menjadi super hemat?

Apa Itu Frugal Living?

Baca Juga: Kolaborasi Bibit x Antidot Ajak Generasi Muda Jadikan Investasi sebagai Gaya Hidup

Dikutip dari Check City, frugal living adalah gaya hidup hemat di mana seseorang mengutamakan pengeluaran bijak untuk menghemat uang dan hidup sesuai kemampuan.

Gaya hidup ini melibatkan kemampuan membuat pilihan yang hati-hati demi meminimalkan pengeluaran dan menghindari pembelian yang tak perlu, tanpa mengorbankan kebutuhan dasar atau kualitas hidup.

Ketika menerapkan frugal living, penting untuk selalu mengidentifikasi perbedaan antara kebutuhan dan keinginan, serta memprioritaskan kebutuhan pokok seperti makanan, tempat tinggal, dan pendidikan.

Baca Juga: Menemani Suami Tercinta Latihan Boxing, Tas Hermes Syahrini Jadi Sorotan

Kamu juga bakal belajar mencari cara-cara hemat untuk memenuhi kebutuhan tersebut, misal belanja di tempat dengan harga lebih murah, memanfaatkan diskon atau kupon, hingga memanfaatkan penawaran promosi.

Contoh Kehidupan Frugal Living

Mau mencoba hidup dengan metode frugal living tapi bingung cara memulainya? Berikut beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan.

1. Membiasakan untuk memasak sendiri

Kebiasaan memasak sendiri memungkinkan kamu menghemat lebih banyak uang dibandingkan dengan makan di luar. Kamu juga bisa mengatur menu sehat dan sesuai preferensi pribadi serta mengurangi pemborosan makanan.

2. Membeli barang bekas

Mengutamakan pembelian barang bekas atau second bisa menjadi bentuk pilihan belanja yang bijak. Temukan barang berkualitas dengan harga yang lebih terjangkau, misalnya pakaian, perabotan rumah tangga, atau alat elektronik.

3. Memanfaatkan transportasi umum atau bersepeda

Mengurangi penggunaan mobil pribadi dan beralih ke transportasi umum atau bersepeda bisa jadi salah satu cara menghemat biaya bahan bakar dan parkir. Mengandalkan transportasi umum juga termasuk pilihan yang lebih ramah lingkungan.

4. Mengatur anggaran

Membuat anggaran bulanan yang jelas dan memprioritaskan pengeluaran krusial adalah bagian penting dari frugal living. Memantai dan mengendalikan pengeluaran memungkinkan kamu mengurangi pemborosan dan mengalokasikan uang untuk tabungan atau investasi masa depan.

5. Meminimalkan langganan

Baca Juga: Pakai Talenan Hijau ketika Potong Sayuran, Nagita Slavina Berhasil Bikin Insecure

Coba lihat kembali langganan yang tidak terlalu penting, seperti saluran TV kabel, langganan streaming, atau keanggotaan klub kebugaran yang jarang digunakan. Memangkas beberapa di antaranya bisa membantu mengurangi pengeluaran bulanan.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI