7 Manfaat Jalan Kaki di Pagi Hari, Kebiasaan Sehat yang Bikin Semangat

Jangan ragu untuk mulai membiasakan jalan kaki di pagi hari. Olahraga ringan ini memiliki banyak manfaat yang terlalu sayang dilewatkan.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Sabtu, 09 September 2023 icon 11:30 WIB
7 Manfaat Jalan Kaki di Pagi Hari, Kebiasaan Sehat yang Bikin Semangat

Ilustrasi perempuan melakukan olahraga jalan kaki di pagi hari (Pixabay/Pexels)

Pagi hari merupakan kunci memulai hari dengan semangat. Salah satu kebiasaan positif yang bermanfaat bagi kesehatan dan kesejahteraan adalah jalan kaki di pagi hari.

Tidak ada salahnya bagimu untuk mulai rutin jalan kaki sebagai olahraga ringan setiap hari. Dikutip dari Healthline, ada begitu banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan jalan kaki secara rutin di pagi hari.

Menikmati udara yang lebih segar

Baca Juga: Tubuh Terasa Nyeri usai Olahraga, Begini Cara Mengetahui Pegal Otot atau Cedera

Dibanding siang atau bahkan malam hari, udara pagi cenderung lebih segar dan bersih karena masih jarang terpapar polusi. Segarnya udara pagi akan membuat berjalan kaki lebih nyaman dan menyenangkan.

Meningkatkan energi dan bikin semangat

Aktivitas ini membantu meningkatkan energi dan semangat sepanjang hari. Jalan kaki merangsang produksi hormon endorfin yang memberikan perasaan bahagia dan mengurangi kelelahan.

Baca Juga: Rajin Jalan Kaki Efektif Menurunkan Berat Badan, Kuncinya 6 Tips Ini: Minimal 30 Menit!

Meningkatkan kualitas tidur

Jalan kaki di pagi hari bisa membantu mengatur ritme sirkadian tubuh, membantumu tidur lebih baik di malam hari. Saat punya waktu tidur berkualitas yang cukup, kamu akan merasa lebih segar dan bugar ketika bangun keesokan paginya.

Baik untuk meningkatkan metabolisme

Jalan kaki di pagi hari juga meningkatkan metabolisme tubuh. Efeknya, kamu lebih banyak kalori yang terbakar sepanjang hari sehingga membantu kamu dalam pengelolaan berat badan.

Mengurangi stres

Olahraga ini baik untuk membantu meredakan stres dan kecemasan. Membuka hari dengan pikiran yang lebih jernih dan tenang, kamu akan bisa menghadapi situasi sehari-hari dengan lebih baik.

Menyegarkan pikiran

Sesi jalan pagi memberikan waktu untuk merenung, merencanakan hari, atau sekedar menikmati kedamaian sebelum kehidupan sehari-hari dimulai. Kamu punya kesempatan untuk memulai hari dengan pikiran jernih dan fokus yang lebih baik.

Tak mengganggu waktu berkumpul dengan keluarga

Baca Juga: 4 Zodiak Paling Malas Olahraga, Sukanya Cuma Santai-Santai dan Rebahan

Jalan kaki di pagi hari memungkinkan kamu untuk menikmati waktu berkumpul dengan keluarga di sore atau malam hari tanpa merasa terburu-buru karenanya. Kamu bisa meluangkan waktu sebelum sarapan dan mandi pagi.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI