Doa Meluluhkan Hati Mertua, Pengantin Baru Perlu Tahu

Bagi pengantin baru, salah satu tantangan dalam membangun rumah tangga adalah meluluhkan hati mertua.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Sabtu, 09 September 2023 icon 21:40 WIB
Doa Meluluhkan Hati Mertua, Pengantin Baru Perlu Tahu

Ilustrasi perempuan berhijab. (Unsplash/ilham akbar fauzi)

Punya mertua idaman yang menyayangimu layaknya anak kandung adalah banyak pengantin baru. Meski begitu, banyak pula yang mengeluh betapa sulitnya meluluhkan hati mertua.

Memang tidak semua orang cukup beruntung memiliki mertua yang baik dan mau menerima menantu apa adanya. Sering kali dibutuhkan ikhtiar ekstra agar hubungan dengan mertua terjalin baik.

Selain bersikap baik dan menghormati mertua, berdoa dan meminta pertolongan kepada Allah SWT adalah langkah paling tepat. Ada beberapa doa meluluhkan hati mertua yang bisa coba diamalkan.

Baca Juga: MUA Spill Cara Bikin Pipi Tirus dengan Hijab, Langsung Bikin Pangling!

Doa Melembutkan Hati Mertua

Sumber masalah yang paling umum biasanya adalah perbedaan karakter antara menantu dan mertua. Untungnya, ada doa yang dapat dipanjatkan supaya hati dan karakter mertua yang keras bisa dilembutkan atas izin Allah SWT.

Allahumma layyinli qalbahu (sebut nama mertua), layyinta li Dawudal hadiid.

Baca Juga: 5 Inspirasi Gaya Hijab Stylish Citra Kirana, Simpel nan Menawan

Artinya: "Ya Allah, lembutkanlah hatinya [sebut nama mertua] sebagaimana Engkau melunakkan besi kepada Nabi Daud."

Doa Meluluhkan Hati Mertua

Bismillahi, laa haula walaa quwwata illa billah. Allahumma Sakhkhir lii fulaana (sebut nama mertua) kama sakhorta Fir'auna lii Musa, wa layyin lii qolbahu kamaa layyantal hadiid li Dawud. Fainnahu laa yantiqu illa bi idznika, naa shiyatuhu fii qobdhotika, wa qolbuhuu fii yadika Jalla tsanaa-u wajhika Yaa Arhamar Roohimiin.

Artinya: "Dengan nama Allah, tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan izin Allah. Ya Allah, tundukkanlah (sebutkanlah nama mertua) padaku, sebagaimana Engkau telah menundukkan Fir'aun pada Nabiyullah Musa. Dan luluhkan hatinya untukku, sebagaimana Engkau telah meluluhkan besi untuk Nabiyullah Daud. Karena sungguh dia tak akan berbicara kecuali dengan izinMu. Ubun-ubunnya dalam genggamanMu, dan hatinya di tanganMu. Pujian wajahMu telah Agung, wahai Dzat Yang Maha Penyayang di antara semua penyayang."

Beberapa rekomendasi doa meluluhkan hati mertua bisa diamalkan setiap hari selepas salat fardu atau salat hajat. Namun, tetap ingat bahwa tak ada manusia sempurna. Semua bisa berbuat salah, baik mertua maupun menantu.

Baca Juga: Banting Setir saat Pandemi, Toko Sport Hijab Ini Andalkan Penjualan Online

Selain sabar dan berdoa, kamu sebagai menantu tetap harus berupaya dengan berbuat baik dan berbakti pada orang tua, termasuk mertua.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI