7 Cara Mengiris Bawang Merah Tanpa Menangis, Ikuti Trik di Bawah Ini!

Selalu merasa waswas saat harus mengiris bawang merah karena takut mata perih hingga menangis? Coba ikuti beberapa cara mengiris bawang merah yang aman berikut ini.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 12 September 2023 icon 13:28 WIB
7 Cara Mengiris Bawang Merah Tanpa Menangis, Ikuti Trik di Bawah Ini!

Ilustrasi perempuan mengiris bawang merah (Pexels/RDNE Stock project)

Bawang merah telah menjadi bumbu andalan dalam berbagai masakan. Sayangnya, memotong bawang merah bisa terasa begitu dramatis hingga membuatmu bercucuran air mata. Bagaimana cara mengiris bawang mewah tanpa menangis?

Mata yang terasa perih hingga mengeluarkan air mata saat memotong bawang merah bisa dicegah. Merangkum berbagai sumber, inilah cara mudah memotong bawang merah agar tidak menangis.

1. Coba Dinginkan Bawang

Baca Juga: Terlalu Niat! Wanita Ini Kirim Bawang Merah untuk Balas Dendam ke Mantan

Kamu bisa mendinginkan bawang terlebih dahulu sebelum memotongnya. Kamu dapat memasukkan bawang ke dalam kulkas. Suhu dingin akan memperlambat reaksi kimia yang dilepaskan ketika bawang dipotong.

Mengiris bawang merah. (Pixabay/pasja1000)
Mengiris bawang merah. (Pixabay/pasja1000)

2. Iris Bawang Menggunakan Pisau Tajam

Kamu sangat disarankan selalu menggunakan pisau yang tajam. Pisau tajam akan membantu mengurangi penguapan zat yang membikin mata pedih. Dengan begitu, kamu tidak akan gampang menangis saat mengiris bawang merah.

Baca Juga: Menghilangkan Bekas Jerawat Pakai Bawang Merah, Gimana Caranya?

3. Menggigit Korek Api

Salah satu cara unik agar tidak mudah menangis saat memotong bawang adalah menggigit korek api. Lakukan saat kamu memotong bawang. Kamu akan merasakan bagaimana mata pedih berkurang lumayan signifikan.

4. Potong Bagian Atasnya

Cara untuk mengurangi rasa pedih di mata saat memotong bawang merah berikutnya adalah memotong bagian atasnya terlebih dahulu.Setelah itu, kamu bisa lanjut mengupas kulit luar.

5. Semprotkan Larutan Cuka

Larukan cuka bukan disemprotkan pada bawang, melainkan talenan yang akan digunakan. Metode ini disebut-sebut cukup efektif untuk menghentikan reaksi kimia yang terjadi saat bawang dipotong yang biasanya memicu mata pedih dan keluarnya air mata.

6. Permen Karet

Saat mengiris bawang merah, coba sambil mengunyah permen karet atau makanan lain. Cara ini diklaim bisa mengurangi air mata yang mengalir. Otot wajah akan bergerak dan itulah yang konon mampu menangkis zat yang dapat membuat mata pedih.

7. Oleskan Garam pada Talenan

Kamu juga bisa menaburkan garam pada talenan yang akan digunakan sebagai cara mengiris bawang merah yang aman. Langkah ini dapat mengurangi reaksi kimia yang terjadi saat mengiris bawang merah

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI