5 Manfaat Daun Bidara, Ternyata Bisa untuk Bahan Alami Perawatan Kulit

Ada berbagai fakta menarik terbaik daun bidara. Apa saja manfaat daun bidara yang jarang diketahui?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 15 September 2023 icon 05:36 WIB
5 Manfaat Daun Bidara, Ternyata Bisa untuk Bahan Alami Perawatan Kulit

Ilustrasi daun bidara (Pixabay/ally j)

Daun bidara merupakan salah satu tanaman herbal kaya manfaat bagi kesehatan tubuh manusia adalah daun bidara. Apa saja manfaat daun bidara yang mungkin masih jarang diketahui?

Daun bidara adalah bagian tanaman yang tumbuh subur di berbagai belahan dunia seperti Tiongkok, Afganistan, Malaysia dan Australia dan Indonesia. Daun ini dipercaya berkhasiat sehingga kerap dijadikan obat herbal.

India juga akrab dengan pengggunaan bidara sebagai obat herbal sejak dahulu kala. Bahan ini banyak dipakai para tabib India, tepatnya di Distrik Bastar, Chhattisgargh.

Baca Juga: 7 Cara Mencegah Jerawat Muncul Lagi, Ampuh Tanpa Pakai Obat-obatan Aneh

Ilustrasi daun bidara. (Pixabay/manseok Kim)
Ilustrasi daun bidara. (Pixabay/manseok Kim)

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut manfaat daun bidara yang mungkin belum kamu ketahui.

Mengontrol kadar gula darah

Olahan tanaman bidara membantu menurunkan kadar gula darah. Herbal ini sangat dianjurkan bagi penderita diabetes, yakni mengonsumsi secara rutin air rebusan bidara.

Baca Juga: 6 Tips Memilih Krim Penghilang Bekas Jerawat, Jangan Asal Pakai Produk Viral

Menjaga kesehatan jantung

Daun bidara juga dipercaya baik untuk menjaga kesehatan jantung. Tanaman yang bentuk daunnya mirip daun jeruk ini memang punya banyak manfaat bagi tubuh.

Meningkatkan kualitas tidur

Kamu tidak bisa mengabaikan dampak negatif dari kualitas tidur yang buruk. Kamu mungkin sering mengalami insomnia. Saat bangun, badan rasanya masih lelah. Artinya, kualitas tidurmu perlu diperbaiki.

Salah satu cara yang bisa dicoba adalah adalah mengonsumsi air rebusan bidara. Minuman herbal ini dipercaya akan memberikan efek relaksasi pada tubuh sehingga membantu memperbaiki kualitas tidur.

Membantu mengatasi masalah pencernaan

Setiap bagian tanaman bidara pada dasarnya punya khasiatnya masing-masing, salah satunya mengatasi masalah pencernaan. Punya keluhan seperti kembung, sakit perut, dan sembelit? Kamu bisa coba minum teh daun bidara, air rebusan bidara, atau memakan buahnya.

Mencegah dan mengobati jerawat

Manfaat daun bidara selanjutnya berkaitan dengan perawatan kecantikan alami. Tanaman ini ternyata bisa jadi alternatif bahan untuk mengatasi masalah jerawat.

Baca Juga: Cari Produk Skincare untuk Mengatasi Jerawat? Perhatikan Kandungan 6 Bahan Aktif Ini

Cara penggunaannya pun cukup mudah. Kamu cuma perlu menumbuk halus 5-6 lembar daun bidara, campurkan dengan sedikit air, lalu gunakan sebagai masker. Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas wajah hingga bersih.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI