Apa Itu Sunday Scaries? Lakukan 3 Langkah Ini untuk Mengatasinya

Perasaan gelisah yang begitu besar di akhir pekan juga dikenal dengan istilah Sunday scaries. Bagaimana cara mengatasinya?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Sabtu, 16 September 2023 icon 14:17 WIB
Apa Itu Sunday Scaries? Lakukan 3 Langkah Ini untuk Mengatasinya

Stres bekerja. (Unsplash/JESHOOTS.COM)

Sabtu dan Minggu biasanya menjadi hari libur di mana kamu mestinya bisa bersantai. Namun, apakah kamu justru merasakan sebaliknya dan malah gelisah bukan main? Kamu mungkin mengalami sunday scaries.

Apa itu sunday scaries? Melansir headspace, sunday scaries merupakan rasa cemas yang muncul pada hari Minggu atau tepatnya sehari sebelum kembali bekerja.

Sebuah survei menyebutkan bahwa 80 persen orang yang bekerja akan merasakan sunday scaries di mana 90 persen di antaranya merupakan gen Z dan milenial.

Baca Juga: Dampak Negatif Hustle Culture, Begini Cara Mengatasinya

Kondisi ini mungkin terjadi karena kamu mulai berpikir tentang pekerjaan menumpuk, jalanan macet, atau meeting yang tak berkesudahan selama bekerja. Bayangan itu semakin terasa nyata menjelang malam atau saat berakhirnya hari.

Walau disebut sunday, kondisi tak nyaman tidak selalu terjadi di hari Minggu. Misalnya, jika kamu bekerja di hari Rabu, perasaan serupa mungkin muncul pada Selasa.

Ilustrasi sedih setelah kena marah bos saat bekerja. (Pixabay/Concord90)
Ilustrasi sedih setelah kena marah bos saat bekerja. (Pixabay/Concord90)

Apa saja gejala sunday scaries? Selain timbul perasaan cemas, sunday scaries umumnya juga disertai dengan kondisi seperti berikut.

Baca Juga: Cerita Wanita Ingin Jadi Putri Duyung, Habis Rp100 Juta demi Beli Ekor Ikan

  • Mulas atau gangguan perut
  • Emosi tidak terkendali. Contoh: cepat marah
  • Tegang
  • Sedih
  • Gelisah

Walau dianggap normal, tentu saja sunday scaries bisa membuat tidak nyaman hingga tak bisa menikmati sisa hari libur dengan tenang. Oleh karena itu, kamu bisa mencoba beberapa cara mengatasi sunday scaries di bawah ini:

Selesaikan pekerjaan di hari Jumat

Banyak orang menganggap Jumat sebagai hari untuk menurunkan produktivitas. Ini karena mereka berpikir bisa menyelesaikan pekerjaan tersebut pada Sabtu atau Minggu.

Sebaiknya, pemikiran seperti itu dihilangkan. Bukankah lanjut bekerja di hari Sabtu atau Minggu akan terasa lebih berat?

Interaksi sosial

Jika kamu masih bekerja dengan sistem WFH, penting untuk menyempatkan diri keluar dan memulai interaksi sosial. Kesibukan bekerja di rumah dan hanya berkomunikasi secara virtual sering kali membuat seseorang berujung kesepian.

Oleh karena itu, sempatkanlah untuk bertemu dengan teman-teman atau sekedar menghirup udara segar saat hari libur tiba.

Lupakan multitasking!

Saat mengingat betapa beratnya beban kerja yang akan dijalani pada hari Senin, sering kali membuat seseorang memilih untuk mulai bekerja pada hari Minggu.

Sebenarnya tidak apa-apa jika kamu melakukannya dengan senang hati. Namun, sebaiknya segera hentikan jika hal itu justru semakin membuatmu cemas.

Baca Juga: Pakai Video Call, Wanita Ini Awasi Pacar Bekerja Agar Tak Digoda Cewek Lain

Itulah sedikit penjelasan tentang apa itu sunday scaries dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat!

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI